Washington (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry Sabtu membicarakan ancaman Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dengan ketua Liga Arab Nabil al-Arabi menjelang putaran lanjutan diskusi liga itu.

Liga Arab menurut rencana akan menyelenggarakan pertemuan tingkat menteri di Kairo, Minggu, membicarakan perubahan-perubahan yang cepat di kawasan itu.

Kerry dan Al-Arabi" membicarakan tentang perlunya Liga Arab dan para anggotanya melakukan satu sikap keras dalam koalisi itu dalam menghadapi ISIS," kata seorang pejabat senior departemen luar negeri AS, menggunakan satu akronim Negara Islam (IS).

Mereka juga membicarakan tentang pentingnya tindakak tegas untuk menghentikan arus para petempur asing, memblokir sumber keuangan ISIS dan melawan hasutannya," tambah pejabat itu.

Kedua pemimpin itu sepakat bahwa Irak berada di garis depan dalam perjuangan melawan ISIS.

Irak sebelumnya menyambut baik rencana Presiden Barack Obama bagi satu koalisi internasional menghadapi kelompok garis keras sebagai satu "pesan dukungan kuat," setelah berulang kali menyerukan bantuan menghadapi kelompok itu.

Obama menggariskan rencana itu dalam KTT NATO Jumat bagi satu koalisi luas untuk mengalahkan ISIS, yang memimpin serangan-serangan yang telah menguasai lima provinsi Irak, Juni dan juga merebut daerah penting di Suriah.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014