Nunukan (ANTARA News) - Satgas Pamtas Yonif Linud 433/Kostrad melayani pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Langkah pertama soal pemeriksaan kesehatan tersebut, kata Komandan Satgas Pamtas Yonif Linud 433/Kostrad, Letkol Inf Agustatinus Sitepu di Nunukan, Minggu mengutamakan masyarakat yang berada disekitar pos-pos perbatasan terdepan yang berada di pedalaman.

Program pelayanan kesehatan ini, kata dia lagi, menyiapkan tenaga medis dan dokter dari TNI bekerjasama dengan Puskesmas di Kabupaten Nunukan terdekat dari pos perbatasan untuk menyuplai obat-obatan.

"Pelayanan kesehatan bagi masyarakat di perbatasan ini bekerjasama dengan puskesmas terdekat karena stok obat-obatan yang kami miliki sangat terbatas," ujar Agustatinus Sitepu.

Hal ini juga telah dikoordinasikan dengan Pemkab Nunukan untuk melakukan pelayanan kesehatan terutama di wilayah pelosok yang belum memiliki puskesmas atau puskesmas pembantu dengan memusatkan pengobatan di pos-pos penjagaan.

Pada pemeriksaan kesehatan ini, Agustatinus Sitepu mengakui hanya melayani masyarakat setempat untuk penyakit tertentu saja yang sifatnya ringan karena keterbatasan alat kesehatan dan obat-obatan.

"Jadi kami hanya melayani pemeriksaan kesehatan untuk penyakit tertentu yang sifatnya masih ringan karena keterbatasan tenaga medis dan obat-obatan tadi," kata dia.

Pewarta: M Rusman
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014