Kami menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih."
Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia U-19 dijadwalkan berlatih di Spanyol sebelum bertanding ke Piala AFC 2014 di Myanmar pada 9--23 September 2014.

Anak asuh asuh Indra Sjafri itu diberikan waktu yang cukup lama untuk melakukan persiapan terakhir jelang bertanding ke ajang kualifikasi Piala Dunia U-20 itu.

"Tanggal 10 ini rencananya timnas akan berangkat ke Spanyol. Mereka akan kembali antara 26--27 September," kata Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono di sela-sela peluncuran Piala Soeratin di Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu.

Menurut dia, PSSI selaku induk organisasi sepak bola Indonesia memberikan kebebasan kepada pelatih Indra Sjafri untuk menjalankan kreativitasnya dalam menyiapkan timnas yang diharapkan meraih hasil terbaik pada kejuaraan dunia.

"PSSI memberikan dukungan pada kreativitas pelatih berikut dinamika yang ada di dalamnya. Yang jelas, PSSI tidak akan mengganggu persiapan Timnas U-19," katanya.

Evan Dimas dan kawan-kawan diharapkan mampu melepaskan kepenatan saat menimba pengalaman ke Spanyol, karena belum lama ini gagal meraih juara di Piala Hassanal Bolkiah, Brunei Darussalam.

Meski sudah menetapkan Spanyol sebagai lokasi pelatihan nasional (pelatnas) Timnas U-19, Joko Driyono, yang juga CEO PT Liga Indonesia, belum bisa memastikan siapa tim yang akan menjalani lawan uji coba bagi tim yang biasa disebut Timnas Garuja Jaya itu.

"Kami menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih," kata pria asal Ngawi, Jawa Timur, itu.

Sebelum bertolak menuju Spanyol, Timnas U-19 saat ini sudah kembali menjalani pelatnas di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Yogyakarta. Pemusatan latihan itu diikuti semua pemain yang turun di Piala Hassanal Bolkiah beberapa waktu lalu.

Sebanyak 22 pemain timnas baru saja menjalani orientasi mahasiswa karena mereka terdaftar sebagai mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Olahraga, UNY. (*)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014