Ledakan terjadi di lahan kosong di lokasi kuburan Tiongkok,"
Bogor (ANTARA News) - Sebuah ledakan terjadi di tengah kuburan Tiongkok di RT 03/ RW 06 Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu malam.

Menurut Kepala Polisi Sektor Bogor Selatan Kompol Arif Gunawan peristiwa terjadi sekitar pukul 18.00 WIB kurang 10 menit atau setelah magrib.

"Ledakan terjadi di lahan kosong di lokasi kuburan Tiongkok," kata Kompol Arif.

Kompol Arif menyebutkan belum diketahui asal ledakan apakah dari alat peledak sepeti bom atau benda lainnya.

Kepolisian Resor Bogor dibantu Polsek Bogor Selatan telah melakukan oleh tempat kejadian perkara dipimpin langsung Kapolres Bogor AKBP Bahtiar Ujang Purnama dan memasang garis polisi di sekitar lokasi.

"Kuat dugaan bukan bom, karena yang tercium hanya bau karbit, tidak ada tercium misiu atau belerang," kata Kompol Arif.

Kompol Arif mengungkapkan bahwa ledakan tersebut cukup kuat karena dapat terdengar hingga perkampungan warga yang berjarak sekitar 1 km dari lokasi.

Selain itu, ledakan tersebut juga membakar sebuah pohon berdiameter 10 cm, yang diduga tempat lokasi ledakan terjadi.

Tidak terjadi kerusakan baik itu kuburan Tiongkok maupun pemukiman warga karena lokasi berada di area makam, dan sedikit di ketinggian.

"Mungkin karena lokasinya di ketinggian, sehingga dentuman ledakan terdengar kuat oleh warga," kata Kompol Arif.

Kompol Arif menyebutkan pihaknya sudah meminta keterangan sejumlah saksi serta aparat terkait seperti ketua RT dan RW guna memastikan apakah ada orang yang datang ke lokasi sebelum kejadian.

"Kami juga menginstruksikan seluruh jajaran untuk meningkatkan penjagaan dan kewaspadaan, serta menghimbau masyarakat untuk segera melapor bila ada hal-hal yang mencurigakan," kata Kompol Arif.

(KR-LR/J008)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014