Barwana, Irak (ANTARA News) - Satu tembakan mortir melukai parah Ahmed al-Dulaimi, gubernur Provinsi Anbar Irak, di kota Barwana, tak lama setelah kota itu direbut kembali dari kelompok fanatik Ahad, kata seorang wartawan AFP.

Pasukan Irak dan suku sekutu melancarkan operasi besar setelah pesawat-pesawat tempur Amerika melakukan serangan di daerah itu, memperluas serangan udara Washington selama sebulan di jantung daratan Arab Sunni di negara itu untuk pertama kalinya.

Pecahan peluru dari putaran itu menghantam kepala Dulaimi dan juga melukai tujuh tentara, kata wartawan.

Beberapa pejabat senior Irak sebelumnya telah terbunuh, terluka atau lolos dari serangan saat memimpin di garis depan di daerah berbahaya.

Irak sedang berjuang untuk mendapatkan kembali tanah dikuasai oleh para pejuang yang dipimpin jihad dalam serangan besar yang diluncurkan Juni, yang menyebabkan pasukan keamanan terpaksa minggir.

Serangan Amerika, yang sejauh ini berada terutama dalam mendukung pasukan Kurdi di utara, telah membantu mereka mendapatkan kembali tanah mereka dan memberikan dorongan besar kepada pasukan Irak di Anbar, jika serangan udara di provinsi tersebut berlanjut.

(H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014