Moskow (ANTARA News) - Moskow telah mengalokasikan sekitar 27 juta dolar AS untuk membantu para pengungsi Ukraina, kata Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev kepada surat kabar Vedomosti dalam satu wawancara.

"Ini adalah tragedi kemanusiaan; kita sedang mempertimbangkan ini dan sudah menambahkan dana ke daerah-daerah," kata Medvedev.

"Dan ini bukan jumlah uang yang sedikit. Selama beberapa waktu terakhir, saya harus membuat sejumlah keputusan, berkaitan dengan pendanaan untuk para pengungsi, yang sudah mencapai sekitar 27 juta dolar," kata Medvedev dalam wawancara yang disiarkan pada Senin.

Masuknya para pengungsi dari tenggara Ukraina ke Rusia telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Mereka harus meninggalkan rumah akibat konflik bersenjata antara pasukan pemerintah dan gerakan pro-kemerdekaan,

Menurut Layanan Migrasi Federal Rusia, sekitar 820.000 warga Ukraina telah menyeberangi perbatasan ke Rusia sejak April.

Seorang wakil untuk pusat tanggap darurat Rusia mengatakan kepada RIA Novosti, Minggu, bahwa lebih dari 1.000 fasilitas akomodasi sementara, perumahan sekitar 59.000 orang, telah dibangun di seluruh negeri.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014