Banyuwangi (ANTARA News) - Salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, resmi memulai perkuliahan perdana untuk kampus di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin.

"Pembukaan perkuliahan di kampus Unair Banyuwangi ini menjadi bagian dari upaya memajukan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui dunia pendidikan," kata Wakil Rektor I Unair Prof Dr Achmad Syahrani di sela membuka kuliah pertama Unair kampus Banyuwangi.

Unair kampus Banyuwangi pada tahun akademik pertama 2014/2015 membuka empat program studi, yaitu Kedokteran Hewan, Budi Daya Perairan, Akuntansi, dan Kesehatan Masyarakat.

Perkuliahan tahun pertama diikuti sebanyak 153 orang mahasiswa baru yang datang dari berbagai daerah, seperti Jambi, Lampung, Jakarta, Surabaya, Pontianak, Makassar, Bojonegoro, Kediri, Probolinggo, Jember, Flores, Kupang, Bali, dan Papua.

"Kami pastikan untuk terus menjaga kualitas proses perkuliahan di Banyuwangi ini tidak berbeda dengan Unair Surabaya. Ini sesuai sistem jaminan mutu Unair. Tentunya dengan sarana dan prasarana yang akan terus dilengkapi," tambah Achmad Syahrani.

Untuk tenaga pengajar, terdapat dosen tetap yang tinggal di Banyuwangi dan sejumlah guru besar Unair juga mengajar di kampus baru tersebut.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014