Makkah (ANTARA News) - Jamaah haji Indonesia yang sudah tiba di Arab Saudi berjumlah 36.740 orang dari 88 kloter hingga hari kedelapan kedatangan, sebut data Sistim Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Madinah pada Senin, pukul 07.00 waktu setempat.

Bila ditambah dengan jumlah petugas kloter, maka seluruhnya berjumlah 37.180 orang. Kloter pertama jamaah haji Indonesia mulai berangkat 1 September 2014.

Menurut Kepala Seksi Siskohat Madinah Nurhanuddin kepada Media Center Haji (MCH), "Sementara jamaah yang sudah tiba di Madinah berjumlah 35.177 orang atau 84 kloter. Dua kloter sedang dalam perjalanan menuju Madinah dari Jeddah, dan dua kloter masih di Jeddah untuk selanjutnya didorong ke Madinah."

Sementara itu dari pantauan MCH, Masjid Nabawi semakin penuh oleh jemaah yang beribadah seiring dengan bertambahnya jemaah yang berdatangan dari berbagai belahan dunia. Sejumlah jemaah asal Indonesia mulai mendominasi, namun ditemukan juga berbagai kasus jemaah yang tersesat dan tindakan kriminal menimpa jemaah, sehingga jemaah harus lebih hati-hati dan menjaga diri.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014