Temanggung (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, mencanangkan dimulainya pembangunan Jembatan Sigandul di ruas Jalan Temanggung-Wonosobo di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengatakan, ruas jalan Temanggung-Wonosobo merupakan jalan nasional yang menghubungkan wilayah Provinsi Jawa Tengah pada jalur tengah dan juga sebagai penghubung ke Provinsi Jawa Barat.

"Jalur ini dilalui kendaraan berat khususnya kendaraan niaga baik bus maupun truk," katanya.

Pada ruas ini, katanya, terdapat Jembatan Sigandul yang terletak pada daerah perbukitan yang geometriknya tidak memenuhi syarat, yakni badan jalan berpotensi tergerus karena terlalu dekat dengan tebing sungai.

"Oleh karena itu, Kementerian PU mencanangkan pembangunan Jembatan Sigandul, melalui pembangunan jembatan baru sekaligus perbaikan geometrik, waktu pelaksanaan 140 hari dengan nilai kontrak Rp16,54 miliar," katanya.

Ia mengatakan, salah satu misi Kementerian PU, yaitu meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas wilayah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan penyediaan jaringan jalan yang andal, terpadu, dan berkelanjutan.

Ia menuturkan, dalam mengemban misi tersebut, Kementerian PU telah melaksanakan pembangunan jaringan jalan dan jembatan yang menghubungkan daerah-daerah terisolasi baik yang jauh dari perkotaan maupun yang terisolasi karena hambatan geografis.

Pada kesempatan tersebut, selain mencanangkan pembangunan Jembatan Sigandul, Menteri PU juga meresmikan beberapa infrastruktur PU di Provinsi Jateng, antara lain rehabilitasi dan rekonstruksi sabo dam Merapi di Kabupaten Magelang, Embung Soropadan Kabupaten Temanggung, dan sistem penyediaan air minum perdesaan di Kabupaten Temanggung.

Menteri PU mengatakan, dukungan pembangunan infrastruktur PU di Provinsi Jateng dalam kurun lima tahun terakhir mengalami peningkatan hingga Rp4 triliun, dari Rp 667,34 miliar di tahun 2010 menjadi Rp4,98 triliun di tahun 2014.

"Angka ini menunjukkan tingginya perhatian Kementerian PU terhadap pembangunan infrastruktur Pekerjaan Umum di Provinsi Jawa Tengah," katanya.

(H018/S023)

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014