Semarang (ANTARA News) - Pendaftaran secara online seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Jawa Tengah akan dibuka mulai 10 September hingga 23 September 2014 melalui laman panselnas.menpan.go.id.

"Proses pendaftaran online CPNS yang akan dilaksanakan secara serentak selama 14 hari itu terintegrasi secara nasional pada portal panitia seleksi nasional," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono di Semarang, Senin.

Ia mengungkapkan bahwa ada perbedaan mendasar pada pendaftaran CPNS di Pemprov Jateng dan kabupaten/kota di Jateng 2014, dibandingkan pelaksanaan tahun sebelumnya.

"Pada pendaftaran tahun ini, satu pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi, pelamar dapat mendaftar maksimal tiga formasi dengan kualifikasi pendidikan yang sama pada instansi tertentu, dan tes kompetensi dasar wajib menggunakan sistem CAT (computer assisted test)," ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemprov Jateng sebagai wakil pemerintah pusat di daerah akan memfasilitasi sarana dan prasarana penyelenggaraan tes kompetensi dasar dengan sistem CAT.

Menurut dia, sistem CAT pada tes kompetensi dasar dapat mencegah terjadinya berbagai penyimpangan karena nilai ujian dari masing-masing pelamar dapat langsung diketahui oleh yang bersangkutan.

Pada 2014, Pemprov Jateng mendapat kuota CPNS 166 formasi dan 1.412 formasi untuk 31 pemerintah daerah selain Kabupaten Kudus, Kabupaten Rembang, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Karanganyar.

Sebanyak 22 kabupaten kota akan menggelar tes CPNS di bawah koordinasi BKD Jateng, sedangkan sisanya di bawah kendali BKN.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jateng Suko Mardiono menambahkan, tim panitia seleksi nasional yang terdiri dari berbagai unsur seperti Kementerian PAN dan RB, Kemendikbud, Badan Kepegawaian Nasional, Polri, Badan Intelijen Nasional, Ombudsman Republik Indonesia, dan LSM itu sudah menyediakan variasi soal.

"Dengan ada variasi soal yang komposisi tingkat kesulitan soal sudah merata itu, maka soal-soal tes yang akan dikerjakan para pelamar akan berbeda meskipun tempat duduknya bersebelahan," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pelaksanaan tes akan bertahap dan terjadwal pada Oktober-Desember 2014 di tujuh lokasi seperti di Kota Semarang, Surakarta, Magelang, dan Pekalongan.

Terkait dengan persyaratan umum yang harus dipenuhi pendaftar, BKD Jateng telah menyederhanakannya sehingga tidak terlalu memberatkan.

"Persyaratan yang harus dipenuhi para pendaftar seleksi CPNS 2014 adalah salinan kartu tanda penduduk, foto terbaru, salinan ijazah, dan salinan transkrip nilai yang telah dilegalisir, sedangkan kartu kuning dan tes kesehatan dapat dipenuhi setelah pelamar dinyatakan lolos seleksi tahap awal," katanya.

Kendati demikian, kata dia, berkas persyaratan seleksi CPNS 2014 tetap harus dikirim secara manual agar bisa diuji apakah dokumen tersebut valid atau tidak.

Pendaftaran CPNS Jateng dibuka 10-23 September 2014 dan dilanjutkan registrasi online melalui panselnas.menpan.go.id, pendaftaran online melalui sscn.bkn.go.id, dan pengiriman berkas administrasi melalui pos (11-23 September 2014).

Seleksi administrasi akan digelar 11-27 September, pengumuman hasil seleksi, penyampaian surat balasan hasil seleksi administrasi dijadwalkan pada 1-7 Oktober, dan pelaksanaan tes kompetensi dasar 15 Oktober sampai selesai

Pewarta: Wisnu Adhi N
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014