... yang biasa diekspor ke Italia yakni biji pala, bunga pala, batok pala dan daging pala... "
Manado (ANTARA News) - Italia merupakan tujuan potensial ekspor pala asal Provinsi Sulawesi Utara menyusul pengiriman produk turunan pala ke negara itu berjalan rutin.

"Produk turunan pala yang biasa diekspor ke Italia yakni biji pala, bunga pala, batok pala, dan daging pala," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara, Olvie Atteng, di Manado, Senin.

Pada awal September 2014 ini, katanya, yang diekspor ke Italia yakni daging buah pala sebanyak 21,78 ton dengan sumbangan devisa sebesar 57.469 dolar Amerika Serikat.

Daging pala, katanya, sangat diminati masyarakat Italia bahan baku berbagai rempah, aroma terapi, dan bahan baku farmasi serta makanan ringan.

Atteng mengatakan, produk turunan pala memang sangat diminati masyarakat di Asia, Eropa, Amerika maupun Afrika, sehingga diharapkan hal ini, mampu dimanfaatkan petani.

Memang, katanya, kualitas produk turunan pala asal Sulut sudah sangat diakui dunia sehingga permintaan dari berbagai negara terus berdatangan, dan memenuhi 70 persen permintaan pasar dunia.

Sentra produksi pala dan turunannya berada di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Pewarta: Nancy Tigauw
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014