Surabaya (ANTARA News) - Kesebelasan Persebaya Surabaya dijadwalkan kembali memulai program latihan pada Rabu (10/9) untuk mematangkan persiapan menghadapi babak delapan besar kompetisi Indonesia Super League yang digelar pada awal Oktober mendatang.

Pelatih Persebaya Rahmad Darmawan ketika dihubungi wartawan di Surabaya, Senin, mengemukakan program latihan akan difokuskan pada pemantapan taktik dan strategi permainan dalam menghadapi tiga calon lawan yang memiliki karakter berbeda.

Berdasarkan klasemen akhir ISL, Persebaya yang menempati posisi puncak Grup 2 atau wilayah timur, berada satu grup dengan Mitra Kukar (peringkat ketiga Grup 2), Persib Bandung (peringkat kedua Grup 1) dan Pelita Bandung Raya (peringkat keempat Grup 1).

"Dari ketiga tim tersebut, hanya Mitra Kukar yang pernah kami hadapi karena berada di wilayah yang sama pada babak reguler. Tapi, kami juga telah mengamati peta kekuatan Persib dan Pelita Bandung Raya," ujar Rahmad.

Mantan pelatih timnas yang akrab disapa RD itu menilai karakter permainan ketiga calon lawan itu sangat berbeda, sehingga timnya juga harus menyiapkan sejumlah taktik dan strategi berbeda saat menghadapi mereka.

"Yang jelas, kekuatan calon lawan sudah kami kantongi. Masa persiapan kurang dari satu bulan menuju babak delapan besar kami gunakan untuk melakukan simulasi taktik dan strategi. Bagaimana strategi melawan Mitra Kukar, Persib dan PBR," tambahnya.

Kendati dua kali mengungguli Mitra Kukar pada babak penyisihan grup timur, RD menganggap hal itu belum bisa menjadi jaminan bahwa timnya akan kembali menang pada pertemuan babak delapan besar yang menggunakan format kompetisi penuh (kandang dan tandang).

Menurut ia, seluruh tim yang lolos babak delapan besar sudah pasti akan melakukan persiapan lebih intensif, karena kondisinya berbeda dibanding babak reguler.

"Kami menganggap ketiga calon lawan adalah tim bagus. Persib punya materi pemain berkualitas, begitu juga PBR dan Mitra Kukar. Mereka pasti sama-sama ngotot ingin menang di setiap pertandingan," ujar RD.

Setelah menuntaskan babak penyisihan pada Jumat (6/9) melawan tuan rumah Putra Samarinda, RD memberi waktu libur hanya empat hari kepada anak-anak asuhnya dan memulai kembali program latihan pada Rabu (10/9).

Sementara itu, tim Jatim lainnya yang juga lolos ke babak delapan besar yakni Persela Lamongan, memilih meliburkan pemainnya selama sembilan hari dan baru akan mengadakan pemusatan latihan pada pekan depan.

Asisten pelatih Persela Didik Ludiyanto berharap waktu libur lumayan panjang itu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin para pemain untuk memulihkan kondisi fisik, setelah menjalani pertandingan padat selama dua pekan terakhir.

"Latihan dimulai lagi pekan depan. Banyak pekerjaan rumah yang harus kami benahi dari tim ini, seperti peningkatan kondisi fisik dan strategi permainan, khususnya menyangkut penyelesaian akhir peluang mencetak gol. Kami agak sedikit lemah dalam soal itu," katanya.

Persela Lamongan lolos ke babak delapan besar ISL dengan menempati peringkat keempat klasemen wilayah timur. Tim berjuluk "Laskar Joko Tingkir" akan berada satu grup dengan Persipura Jayapura (peringkat kedua Grup 2), Arema Indonesia (peringkat satu Grup 1), dan Semen Padang (peringkat ketiga Grup 1).

(D010/M026)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014