Jakarta (ANTARA News) - Penampilan cemerlang Emir Preldzic mengubur harapan Australia dan mengantar Turki menang 65-64 dalam babak 16 besar Kejuaraan Bola Basket Dunia FIBA 2014 di Palau Sant Jordi, Spanyol, Minggu waktu setempat.

Kemenangan itu menempatkan Turki masuk ke perempatfinal untuk berhadapan dengan Lithuania pada Selasa besok, dan menandai untuk ketiga kalinya berturut-turut runner-up 2010 tersebut melangkah ke delapan besar kompetisi utama FIBA.

Setelah bermain saling susul pada babak kedua, dan bahkan sempat tertinggal selusin poin pada satu tahap, Turki akhirnya bangkit pada quarter keempat.

Dua lemparan bebas Preldzic memompa Turki, dan upaya tak kenal lelah Sinan Guller memangkas defisit sebelum Ender Arsalan mencetak tiga angka untuk menjadikan skor 57-56 dengan 4 menit 33 detik waktu tersisa.

The Boomers tetap memimpin dengan 64-59 ketika Matthew Dellavedova mencetak skor saat waktu hanya tersisa 1 menit 02 detik.

Namun, menit-menit terakhir menjadi milik Preldzic.

Pemain Fenerbache itu mencetak tiga angka untuk mengubah kedudukan menjadi 64-62, sebelum pada Australia membuat pelanggaran shotclock.

Preldzic, lagi-lagi, mencetak tiga poin dari sayap kiri untuk membuat Turki unggul 65-64 dalam lima detik waktu tersisa.

Australia melalui Joe Ingles mencoba membalikkan keadaan, tapi dia gagal mengontrol bola dan waktu pun habis.

Preldzic menyumbangkan 16 poin untuk Turki dalam babak kedua, dan Guller juga menyelesaikan dengan raihan sama.

Pada babak pertama ketika pertandingan tampak seimbang, Australia memimpin dengan 18-15 hingga akhir quarter pertama. Turki sempat memimpin sekali pada babak itu ketika skor 35-34.

Australia mengandalkan Ingles, Aron Baynes, dan Ryan Broekhoff dalam serangan. Beynes mencetak 15 poin untuk timnya, demikian mengutip laman resmi FIBA.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014