Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto gagal menambah poin saat tampil pada seri kesembilan lomba balap mobil GP2 Series 2014 di Sirkuit Monza, Italia.

Victoria Lloyd dari tim EQ8 Caterham Racing dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, menyebutkan, pada race pertama atau feature race yang berlangsung Sabtu (6/9) Rio Haryanto hanya menduduki posisi ke-16 dengan catatan waktu 48:59.284 dari 30 putaran.

Kemudian pada race kedua atau sprint race yang berlangsung Minggu (7/9) waktu setempat, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut masih terpaku di urutan ke-16 dengan catatan waktu 37:10.238 dari 21 kali putaran.

Dengan hasil ini maka Rio Haryanto menempati peringkat ke-15 klasemen sementara dengan total nilai 26, sedangkan peringkat pertama ditempati Jolyon Palmer (tim DAMS) dengan total nilai 231, disusul Felipe Nasr (tim Carlin) dengan total nilai 190, sedangkan peringkat ketiga ditempati pebalap Stoffel Vandoorne (ART Grand Prix) dengan total nilai 164.

Sementara itu secara tim, Rio Haryanto yang tergabung di tim EQ8 Caterham Racing ini menempati posisi kesembilan dengan total nilai 40. Posisi pertama ditempati tim DAMS dengan total nilai 294 disusul tim Carlin dengan total nilai 256, sedangkan ketiga ditempati tim ART Grand Prix dengan total nilai 189.

Lomba balap mobil GP2 Series musim 2014 yang dibagi dalam 11 seri ini masih menyisakan dua seri yaitu di Sochi, Rusia, pada 10-12 Oktober dan terakhir di Yas Marin Uni Emorat Arab, 21-23 November mendatang.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua tamu Pertamina yang telah datang ke sini (Sirkuit Monza, Italia) dari Indonesia untuk menonton saya hari ini dan mudah-mudahan di Rusia kita dapat memiliki akhir pekan yang baik," kata Rio Haryanto.

Sementara itu rekan satu tim Rio Haryanto, Pierre Gasly dari Prancis yang baru bergabung dengan tim Caterham Racing ini pada race kedua atau sprint race di Monza, Italia ini gagal berlomba.

Sedangkan pada race pertama atau feature race, Gasly hanya menempati posisi ke-17 dengan catatan waktu 49:00.071. Gasly bergabung dengan tim caterham Racing mulai seri kesembilan atau di Sirkuit Monza, Italia.

Sebelumnya, Rio Haryanto bermitra dengan pebalap asal Prancis lainnya Tom Dilmann untuk serie keenam d Jerman, seri ketujuh di Budapes, Hongaria, dan kedelapan di Belgia. Sebelumnya Rio bermitra dengan pebalap asal Amerika Aerikat Alexander Rossi mulai seri pertama hingga kelima.

Pewarta: Hermawan W
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014