Ini menandakan kerja sama yang erat antara jajaran Kemenkes, BPJS, dan rumah sakit, karena memang demikian seharusnya."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi memberikan penghargaan The Best Role Model Rumah Sakit Vertikal Kemenkes RI dalam Era Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional kepada enam rumah sakit.

"Saya sampaikan apresiasi kepada enam rumah sakit vertikal Kemenkes yang berhak menyandang predikat The Best Role Model," kata Nafsiah Mboi dalam sambutannya di Jakarta, Senin malam.

Enam rumah sakit tersebut terbagi dalam dua kategori, yakni kategori Rumah Sakit Umum dengan juara pertama RSUP Sanglah Denpasar, Bali, juara kedua RSUP Fatmawati, juara ketiga RSUP Dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah.

Kemudian kategori kedua adalah rumah sakit khusus dengan juara pertama RS Ortopedi Prof DR R Soeharso Surakarta (Jateng), juara kedua RS Jiwa Radjiman Wediodiningrat, dan juara ketiga RS Pusat Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta.

Penilaian terhadap rumah sakit tersebut berdasarkan sistem pendaftaran, sistem manajemen pelayanan, sistem penagihan klaim, dan sistem penanganan komplain.

Nafsiah Mboy mengatakan rumah sakit vertikal yang dikelola pemerintah berperan penting dalam menyukseskan pelaksanaan JKN, karena memiliki kompetensi sumber daya manusia, fasilitas pelayanan yang lengkap, berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan utama, dan sebagai rumah sakit rujukan.

"Ini menandakan kerja sama yang erat antara jajaran Kemenkes, BPJS, dan rumah sakit, karena memang demikian seharusnya," katanya.

Di sisi lain, kata dia, meminta kepada seluruh jajaran terkait untuk tetap melakukan evaluasi terhadap kepuasan masyarakat, tenaga pelayanan kesehatan, dan kepuasan terhadap BPJS Kesehatan agar selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Menkes juga berpesan kepada jajaran RS Vertikal di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh peserta JKN, sosialisasi mengenasi sistem JKN, melengkapi rumah sakit dengan sistem teknologi informasi, serta mengaktifkan tim audit klinis rumah sakit.  (SDP-64/M008)

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014