Baturaja (ANTARA News) - Calon Jamaah Haji Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, yang mendaftar tahun 2014 harus menunggu 13 tahun ke depan, karena Kantor Kementrian Agama setempat tahun ini mencatat daftar tunggu CJH OKU sebanyak 3.450 orang.

"Sampai saat ini daftar tunggu cukup banyak total mencapai 3.450 orang Calon jamaah haji (CJH). Dengan demikian bagi masyarakat yang mendaftar tahun ini harus menunggu hingga 13 tahun kedepan baru bisa berangkat ke tanah suci," kata Kepala Kantor Kemenag Ogan Komering Ulu (OKU), Darami di Baturaja, Senin.

Dia mengatakan, penumpukan daftar tunggu ini bukan hanya untuk CJH OKU reguler, tetapi juga untuk CJH Plus yang mendaftar tahun ini, baru bisa diberangkatkan pada lima tahun mendatang.

"Hal ini karena kuota CJH di Sumsel hanya 6.000 orang. Jadi setiap daerah dibagi sesuai banyak CJH yang daftar di masing-masing kabupaten atau kota," ungkapnya.

Di samping itu, pada tahun 2014 ada 277 CJH yang akan diberangkatkan dari Oku untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci masing-masing 158 CJH wanita dan selebihnya CJH laki-laki.

"Pemberangkatan CJH tahun 2014 direncanakan pada 17 September sesuai jadwal pukul 21.00 WIB bertolak dari Baturaja, selanjutnya menginap semalam di asrama haji Palembang, dan keesokan harinya diterbangkan dari embarkasi Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Jeddah" katanya.

Pemberangkatan jamaah haji OKU termasuk dalam gelombang kedua yang seluruhnya termasuk berusia relatif muda, dan yang tertua berusia 86 tahun.

Ia berharap, para jamaah yang menunaikan ibadah haji untuk berhati-hati selama dalam perjalanan serta menjaga kesehatan hingga dapat menjalankan ibadah haji dengan khusuk.

Sementara, kepada masyarakat jika ada orang yang menawarkan atau mengiming-imingi bisa mendaftarkan haji lebih cepat maka segera lapor dan koordinasikan ke kantor Kemenag OKU. Hal ini untuk menghindari adanya indikasi penipuan," katanya.

(M033/F003)

Pewarta: M Suparni
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014