Abidjan (ANTARA News) - Bek Pantai Gading Didier Zokora mengumumkan pada Senin dalam wawancara dengan pers nasional bahwa ia telah mengakhiri karier internasionalnya.

Pemain 33 tahun ini, yang membela klub Turki Akhisarspor, mengundurkan diri setelah memperkuat timnasnya pada 117 pertandingan.

"Setelah memberikan 15 tahun hidup saya dengan enam partisipasi di CAN (African Cup of Nations/Piala Afrika) dan tiga Piala Dunia, saya pikir Anda harus tahu kapan saatnya untuk berhenti," ucapnya.

"Saya pikir saya telah memberi banyak hal untuk negara saya. Semuanya sampai pada titik akhir, dan Anda harus tahu kapan saatnya untuk pergi. Inilah keputusan saya," lanjutnya.

"Saya telah menginformasikan kepada para petinggi FIFA (Federasi Sepak Bola Pantai Gading) mengenai keputusan saya, dan benar bahwa mereka berusaha mengubah pikiran saya. Namun saya tidak lagi memiliki hasrat dan motivasi yang sama. Inilah saatnya pergi untuk membuka pintu kepada para pemain muda."

Zokora melakukan debut internasionalnya pada 2000 dan memainkan pertandingan terakhirnya untuk "Tim Gajah" di Piala Dunia pada 19 Juni saat mereka kalah 1-2 dari Kolombia.

Ia memulai karier klubnya di ASEC Mimosas di Abidjan, sebelum bertolak ke Eropa di mana ia bermain di Belgia bersama Genk (2000-2004), tim Prancis Saint Etienne (2004-2006), klub Inggris Tottenham (2006-2009) dan tim Spanyol Sevilla (2009-2011), sebelum pergi ke Turki dan membela Trabzonspor (2011-2014) diikuti dengan Akhisarspor.

Ia menjadi bintang Pantai Gading kedua yang pensiun pada beberapa pekan terakhir setelah kapten Didier Drogba yang mengakhiri karier internasionalnya pada bulan lalu.

Pantai Gading tampil pada tiga Piala Dunia terakhir, namun tidak pernah menembus fase grup. Zokora memperkuat tim yang kalah di final Piala Afrika pada 2006 dan 2012, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014