Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan pentingnya pelayanan kesehatan yang lebih baik, termasuk bagi ibu dan anak dalam meningkatkan kualitas kesehatan penerus bangsa.

"PKIA (Pusat Kesehatan Ibu dan Anak) ini akan menjadi pusat kesehatan ibu dan anak yang representatif dan berkualitas serta memberikan pelayanan yang baik," kata Presiden saat memberikan sambutan dalam acara peresmian PKIA RSCM Kiara di Jakarta, Selasa.

Presiden mengutarakan harapannya agar pelayanan kesehatan yang diberikan dapat "better" (lebih baik), "easier" (lebih mudah), "faster" (lebih cepat) dan "cheaper" (lebih murah).

Yudhoyono mengemukakan pemerintah akan terus memberi dukungan lebih baik dalam sektor kesehatan.

"Mewujudkan masyarakat yang maju, damai, adil, dan makmur merupakan proses berjangka panjang," katanya dan menambahkan, setiap generasi mempunyai tugas besar untuk membangun hari esok yang lebih baik.

Sedangkan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan pendirian Pusat Kesehatan Ibu dan Anak RSCM Kiara merupakan salah satu warisan pemerintahan SBY.

Menkes juga menyatakan pendirian pusat kesehatan ibu dan anak itu juga menegaskan pentingnya masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang terintegratif, berjenjang dan berkelanjutan sebagai upaya peningkatan kualitas ibu dan anak serta menjaga kesehatan dini kelainan tumbuh kembang anak.

Sementara itu, Direktur Utama RSCM Heriawan Soejono mengatakan, Pusat Kesehatan Ibu dan Anak RSCM Kiara diproyeksikan menjadi pusat pengembangan pelayanan bayi berat badan lahir rendah dan dimaksudkan untuk menekan risiko kematian atau risiko tumbuh menjadi anak dengan kualitas yang kurang baik.

Keberhasilan RSCM tidak mungkin terlaksana tanpa kerja sama dengan FKUI, karena itu keterpaduan RSCM-FKUI dalam sebuah "academic health system" (sistem kesehatan akademis) merupakan sesuatu yang amat dibutuhkan untuk didukung.

Gedung RSCM Kiara yang berdiri di atas lahan sekitar 15 ribu meter persegi dan rencananya akan terdiri atas 12 lantai itu sebagian besar melayani pasien melalui Jaminan Kesehatan Nasional.

RSCM FKUI melalui Gedung RSCM Kiara itu juga menyatakan siap menjadi inovator, motivator, dan akselerator pembentukan generasi yang gemilang.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014