Makkah (ANTARA News) - Sebanyak 10 kelompok terbang (kloter) jamaah haji akan tiba ke Makkah, mulai Selasa tengah malam waktu Arab Saudi hingga Rabu sore, setelah mereka menempuh perjalan sekitar tujuh jam dari Madinah.

Menurut jadwal pemulangan dan kedatangan jamaah haji di Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah, Selasa pagi, kloter perdana yang akan datang adalah kloter pertama embarkasi Pondok Gede, Jakarta, pada Selasa pukul 23.00 waktu Arab Saudi (sebelumnya disebutkan Rabu 00.15) atau Rabu 03.00 dini hari WIB.

Jumlah jamaah haji kloter pertama embarkasi Pondok Gede saat berangkat dari Jakarta berjumlah 453 orang.

Ada kemungkinan jumlah yang tiba di Makkah berkurang karena sakit dan lain sebab, yang baru bisa diketahui saat jamaah tiba di Makkah.

Empat kloter yakni masing-masing kloter pertama dari Batam, Bekasi, Surabaya, Medan, dan Padang akan tiba berbarengan pada Rabu, pukul 13.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Berikutnya adalah kloter pertama embarkasi Makassar, Solo, Lombok dan kloter dua embarkasi Solo dijadwalkan tiba pukul 15.00 WAS

Sementara itu menurut data Sistem Komputerisasi Haji Tepadu (Siskohat) jumlah jamaah haji yang telah berangkat dari Indonesia sebanyak 46.089 orang (46.639 orang jika dengan petugas kloter) dari 110 kloter. Sementara yang telah tiba sebanyak 110 kloter dengan jumlah jamaah 42.669 orang (43.179 orang jika dengan petugas).

Menurut rencana pihak Daerah Khusus Makkah akan mengecek kesiapan terakhir di pemondokan sebelum jamaah datang pada hari ini.

Sebanyak 116 penginapan disiapkan di Makkah untuk menampung jamaah haji.

Dari jumlah tersebut sebanyak 70 penginapan minimal setara hotel berbitang tiga, lainnya apartemen.

Berhubungan saat ini jarak banyak penginapan dan Masjidil Haram cukup jauh dari Masjidil Haram, maka pemerintah juga menyiapkan 150 bus untuk mengangkut jamaah pulang pergi ke Masjidil Haram selama 24 jam.

Keberangkatan jamaah haji Indonesia ke Arab Saudi dibagi dua gelombang.

Gelombang pertama mulai 1 September, jamaah akan turun di bandara Madinah dan di bandara Jeddah, yang kemudian diinapkan di Madinah antara lain untuk melakukan ibadah Arbain atau sholat wajib 50 waktu (lima kali sehari selama delapan hari).

Setelah selama berada delapan hari di Madinah, jamaah haji secara bertahap mulai bergerak menuju Makkah.

Sementara itu gelombang kedua jamaah haji dimulai tanggal 15 September.

Jamaah haji gelombang kedua turun di bandara Jeddah dan langsung menuju Makkah.

Jamaah gelombang kedua ini baru menuju Madinah untuk Arbain setelah melaksanakan ibadah haji.


Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014