Tokyo (ANTARA News) - Bursa saham Tokyo ditutup naik 0,28 persen pada Selasa, karena yen melemah ke posisi terendah enam tahun terhadap dolar, sementara perusahaan yang berhubungan dengan olahraga terpukul setelah petenis Jepang Kei Nishikori kalah pada final AS Terbuka.

Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo naik 44,04 poin menjadi berakhir pada 15.749,15, sedangkan indeks Topix dari semua saham papan utama merangkak naik 0,08 persen, atau 0,98 poin, menjadi 1.299,62.

"Dolar sangat mungkin untuk terus naik tipis terhadap yen karena langkah-langkah pelonggaran kuantitatif AS dibatalkan, yang akan membuat lingkungan nyaman bagi para investor untuk membeli saham (Jepang)," kata penyiasat ekuitas CLSA Nicholas Smith.

Di New York pada Senin, dolar menembus tingkat di atas 106 yen untuk pertama kalinya sejak Oktober 2008, pada puncak krisis keuangan.

Greenback menguat setelah data pekerjaan AS mengecewakan pada Jumat (5/9) dimasukkan ke dalam perspektif putaran lain angka pertumbuhan Jepang lemah dan statistik perdagangan Tiongkok lesu.

Angka pada Selasa menunjukkan kepercayaan konsumen Jepang telah jatuh ke tingkat terendahnya sejak April ketika kenaikan pajak penjualan mengerem pertumbuhan.

Penurunan yen sedang didorong oleh ekspektasi bahwa bank sentral Jepang, Bank of Japan (BoJ), akan segera meluncurkan langkah-langkah pelonggaran moneter lebih lanjut untuk melawan penurunan perekonomian nomor tiga dunia itu.

Pada sore hari dolar dibeli 106,23 yen, dibandingkan dengan 106,03 yen di New York pada Senin.

Pelemahan yen meningkatkan profitabilitas pengekspor Jepang.

Dalam perdagangan saham, Nissan naik 0,63 persen menjadi 1.037,0 yen dan Sony naik 1,21 persen menjadi berakhir pada 2.042,0 yen.

SoftBank melonjak 4,47 persen menjadi 7.969,0 yen karena raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba, yang memiliki sepertiganya, mempersiapkan diri untuk penawaran umum multi-miliar dolar.

Pembuat peralatan olahraga Yonex jatuh 16,11 persen menjadi 906,0 yen, menghentikan tujuh hari kenaikan beruntun setelah Nishikori dikalahkan Marin Cilic di final AS Terbuka.

Tenis Jepang dan perusahaan yang berhubungan dengan olahraga telah naik karena kemenangan Nishikori akan menjadikan dia orang Asia pertama yang meraih gelar juara tunggal Grand Slam, tambang emas pemasaran potensial.

Operator Uniqlo, yang mensponsori Nishikori, merosot 0,17 persen menjadi 33.900,0 yen, sementara Operator TV berbayar Wowow turun 4,46 persen menjadi 4.490,0 yen.

Di Wall Street, Dow kehilangan 0,15 persen setelah data ekonomi dari Tiongkok dan Jepang mengecewakan dan ketakutan Skotlandia akan memilih untuk melepaskan diri dari Inggris pada referendum minggu depan, demikian AFP melaporkan.

(SYS/A026/S004)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014