... Skandal Korupsi menjadi Poin Kegagalan Lembaga Pengawasan di Indonesia... "
Taipei, Taiwan (ANTARA News) - Ternyata bukan cuma media massa nasional yang ramai-ramai menyoroti kasus korupsi yang diduga melibatkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, karena media massa Taiwan juga. 

Harian terkemuka di Taiwan, The China Post, Selasa (9/9), menurunkan berita berjudul "Skandal Korupsi menjadi Poin Kegagalan Lembaga Pengawasan di Indonesia".

Di halaman editorial koran yang berkantor pusat di Taipei itu mengulas tentang penetapan tersangka Wacik oleh KPK beberapa waktu lalu.

Harian berbahasa Inggris itu dalam halaman 4 menyebutkan, skandal korupsi di Indonesia sebagai indikasi kelemahan lembaga pengawasan, di antaranya Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pemeriksa Keuangan.

Dengan mengutip koran The Jakarta Post, The China Post menuliskan, betapa lemah kedua lembaga itu sehingga uang negara senilai Rp10 miliar lebih dikorupsi selama 2011-2013 tanpa pengawasan.

Kalau saja lembaga pengawasan internal berjalan efektif seperti di beberapa negara demokrasi lainnya, tulis koran itu, maka megakorupsi di Indonesia tidak akan terjadi.

Sementara itu, berita tentang korupsi di Kementerian ESDM tersebut mengagetkan mahasiswa asal Indonesia yang sedang belajar di Taiwan.

"Kami tidak banyak mengikuti perkembangan yang terjadi di Indonesia. Tiba-tiba ada berita seperti ini, tentang penetapan tersangka Jero Wacik," kata Victor Gunawan (32), mahasiswa National Taiwan Normal University, Taipei.

Pewarta: M Irfan Ilmie
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014