Jakarta (ANTARA News) - Kompetisi adu cepat mengendarai mobil dalam lintasan, Gymkhana Race War, akan kembali memeriahkan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

Gymkhana Race War yang akan mengadu kecepatan, ketepatan, dan ketangkasan pengemudi dalam mencetak waktu terbaik menyelesaikan lintasan itu akan diikuti oleh 50 pebalap, menurut penyelenggara Gymkhana Race War PT Dapur Pacu Indonesia dan PT Dyandra Promosindo di Jakarta, Selasa.

Gymkhana berbeda dengan olahraga otomotif lainnya, karena memadukan tehnik mengemudi drift dan slalom dalam lintasan dengan tikungan 180 derajat, 360 derajat, angka 8, dan rintangan lain.

Kompetisi sekaligus hiburan itu akan digelar 26 - 27 September 2014, sementara IIMS 2014 akan berlangsung 11 hari mulai 18 hingga 28 September.

IIMS Gymkhana Race War akan menghadirkan 5 kelas kejuaraan, yaitu FWD 1,000-1,200 cc, FWD 1,201-1,400 cc, FWD 1,401-1,600 cc, Free For All RWD, Free For All FWD.

Lintasan gymkhana IIMS 2014 dibuat langsung oleh Art Sport Club selaku Racing Committee (RC) ajang itu.

"Tontonan akan lebih menarik dengan beberapa perubahan lintasan, begitu pula kami berinvestasi besar pada sisi safety seperti gelaran Gymkhana sebelumnya,” kata Direktur Dapur Pacu Wisnu Guntoro Adi.

Ari Janto Notorahardjo, GM Marketing dan Sales GT Radial, perusahaan ban yang mendukung Gymkhana Race War mengatakan bahwa ajang itu juga untuk menampung para pebalap muda berprestasi.

"Kompetisi tetap kami kedepankan di gelaran Gymkhana, walaupun GT Radial sebagai sponsor utama. Karena kami yakin GT Radial Champiro SX2 bisa kompetitif di event Gymkhana ini."

Direktur ART Sport Club Anondo Eko mengatakan pihaknya tetap mempertahankan peraturan gymkhana seperti tahun lalu. Lintasan akan menggunakan double track, namun lebih lebar dan menantang.
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014