Aden (ANTARA News) - Tiga tentara Yaman tewas Selasa ketika seorang pembom bunuh diri berhasil mencapai satu pos pemeriksaan militer dengan mobilnya, setelah helikopter tempur menghancurkan mobil sesama penyerang, kata militer.

Dalam bentrokan yang mengikuti pemboman di pinggiran kota Qatan, di Provinsi Hadramawt tenggara, empat tersangka gerilyawan Al-Qaida tewas, kata pejabat yang sama.

Pejabat itu mengatakan, helikopter telah menembakkan rudal di satu mobil bermuatan bahan peledak yang dikemudikan oleh seorang pembom bunuh diri, menghancurkan kendaraan itu sekitar 500 meter sebelum mencapai pos pemeriksaan.

Tetapi seorang pembom bunuh diri kedua melesat di jalan menuju pos pemeriksaan yang sama dan meledakkan dirinya, menewaskan beberapa tentara.

Sejumlah pria bersenjata kemudian menyerang posisi itu.

Serangan terhadap tentara sering terjadi di Qatan, di mana Al-Qaida di Semenanjung Arab (AQAP) aktif.

Satu serangan kembar pada 29 Agustus, satu pemboman mobil bunuh diri, oleh tersangka Al-Qaida, pada barak-barak menewaskan empat tentara dan 10 pemberontak.

Ada lebih banyak korban di kedua sisi pada 17 Agustus setelah militer menyerang satu rumah di Qatan, di mana pejuang Al-Qaida telah melindungi diri mereka sendiri.

AQAP, yang dianggap oleh Washington sebagai afiliasi paling berbahaya dari jaringan jihad, aktif di beberapa bagian Yaman, mengambil keuntungan dari runtuhnya otoritas pusat selama pemberontakan 2011 yang menggulingkan presiden veteran Ali Abdullah Saleh, demikian AFP.
(H-AK)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014