Kairo (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry akan bertemu dengan para menteri luar negeri Arab di Arab Saudi Rabu, untuk menawarkan koalisi luas melawan Negara Islam (IS) yang sebelumnya dikenal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS.

Seorang pejabat senior kementerian luar negeri Mesir menjelaskan hal ini Selasa.

Pembicaraan di kota pelabuhan Jeddah Saudi, yang akan berlangsung hingga Kamis, akan dihadiri oleh para menteri dari Mesir, Yordania dan enam negara anggota Teluk Arab serta Irak, kata pejabat itu kepada AFP.

Para menteri "akan bertemu Kerry pada Rabu dan Kamis di Jeddah sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi terorisme," kata pejabat itu, yang berbicara tanpa bersedia disebut jatidirinya.

Menteri Luar Negeri Lebanon Gebran Bassil juga akan mengambil bagian dalam pembicaraan itu, kata seorang pejabat pemerintah di Beirut kepada AFP.

Pejabat Mesir mengatakan, Kairo mendukung "semua upaya internasional untuk memerangi terorisme" dan akan "mendukung upaya politik AS."

"Tetapi untuk setiap partisipasi Mesir mungkin dalam tindakan keamanan nyata, dan ini harus dilakukan di bawah mandat PBB dan dalam kerangka Resolusi Dewan Keamanan."

Kerry menuju ke wilayah tersebut pada Selasa dalam upaya membangun koalisi abadi melawan jihad, yang telah merampas sejumlah bagian wilayah Irak dan tetangga Suriah.

Diplomat AS itu berjanji untuk membangun "koalisi luas mitra di seluruh dunia untuk menghadapi, menurunkan dan akhirnya mengalahkan (IS)."

"Hampir tiap satu negara memiliki peran untuk bermain dalam menghilangkan ancaman (IS) dan kejahatan yang mewakilinya," kata Kerry.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014