Zagreb (ANTARA News) - Gol-gol dari Luka Modric dan penyerang 23 tahun Andrej Kramaric membawa Kroasia menang 2-0 atas tamunya Malta pada pertandingan kualifikasi Grup H Piala Eropa 2016 yang berlangsung pada Selasa (Rabu pagi WIB).

Pengatur permainan Modric, yang merayakan ulang tahun ke- 29nya, memecah kebuntuan melalui tembakan mendatar pada menit ke-46 dan pemain pengganti di babak kedua Kramaric memuncaki penampilan bagusnya dengan sumbangan gol pada pertandingan debut kompetitifnya.

Formasi 4-2-3-1 Kroasia terlihat kurang tajam pada babak pertama dan mereka gagal menciptakan satu peluang pun, bahkan setelah bek Malta Steve Borg diusir keluar lapangan pada menit ke-31 karena melanggar penyerang tunggal Mario Mandzukic.

Pelatih Niko Kovac memasukkan penyerang kekar Nikica Jelavic untuk menggantikan gelandang Mateo Kovacic saat turun minum untuk menambah daya serang, dan penggantian itu menuai hasilnya setelah babak kedua dimainkan.

Modric, yang memainkan pertandingan internasional ke-90nya, menguasai bola hasil sapuan dari umpan silang dan melepaskan sepakan keras melewati kotak penalti yang dipenuhi pemain menuju tiang jauh dari jarak 25 meter.

Gelandang muda Alen Halilovic, yang dimasukkan bersama Kramaric setelah Kroasia tersingkir di fase grup Piala Dunia 2014, juga nyaris mencetak gol ketika tim tuan rumah menaikkan tempo permainan.

Sepakan Kramaric membentur mistar gawang setelah ia memperlihatkan kelihaiannya menggiring bola pada menit ke-70, sebelum ia mengunci kemenangan 11 menit kemudian melalui penyelesaian tenang setelah kerja sama yang terjalin antara Jelavic dan Ivan Rakitic.

"Saya sangat menikmati mengambil tiga angka dari pertandingan ini setelah babak pertama yang buruk," kata Kovac kepada televisi Kroasia.

"Diusirnya Borg memberi keuntungan kepada kami dan setelah menaikkan gigi perseneling pada babak kedua dengan keunggulan jumlah pemain, kami mampu untuk menaklukkan Malta meski mereka bertahan dengan sangat baik sepanjang pertandingan."

"Kami memiliki sejumlah pemain muda yang berbakat namun belum padu dengan para pemain berpengalaman di tim ini, dan itu akan memerlukan waktu," tambah Kovac dikutip Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014