Ambon (ANTARA News) - Dari 238 jamaah calon haji asal Kota Ambon, provinsi Maluku, yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2014 terdapat seorang jamaah yang berumur 114 tahun bernama Ahmad Mahulette bin Jamaluddin.

Sedangkan jemaah termuda asal kota yang sama, yakni 19 tahun, adalah Aprilia Niningsar Binti Syarifudin Malabu, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon selaku Kepala staf Penyelenggara Haji Kota Ambon, H.Hanafi Kasim saat menyampaikan laporan pada acara pelepasan jemaah calon haji Kota Ambon di Ambon, Rabu.

Hanafi menjelaskan, 238 orang jamaah itu terdiri atas 88 laki-laki dan 150 perempuan.

"Mereka ini terbagi atas lima rombongan dan 20 regu, dan semuanya tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 yang akan berangkat pada tanggal 15 September 2014 dengan penerbangan Lion Air pada pagi dan siang hari," ujarnya. Kemudian bertolak dari embarkasi Makasar menuju Jeddah, pada 17 September 2014 dengan Garuda.

Untuk menjamin kelancaran dan kepastian rasa aman dalam pelaksanaan ibadah bagi selama dalam perjalanan di Tanah Suci Mekkah mereka didampingi empat orang petugas, masing-masiong dari Provinsi Maluku tiga orang dan satu lainnya dari Pemerintah Kota Ambon.

Hanafi menambahkan, Pemberangkatan 238 jemaah asal Kota Ambon tahun 2014 yang akan dilepas Wali Kota Ambon hari ini adalah antrian tahun 2010, sebanyak 246 orang dan yang melakukan pelunasan sebanyak 238 orang.

"Delapan orang tidak melakukan pelunasan karena tiga mutasi keluar daerah, dua orang karena mahramnya tidak ada, satu orang batal berangkat dan dua orang lainnya karena meninggal dunia," ujarnya. 

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014