AT&T dan Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia Berkolaborasi untuk Mendorong Pembuatan Aplikasi Inovatif di Asia

Kuala Lumpur, 10 September 2014 - (ANTARA) - AT&T* dan Malaysian Communications and Multimedia Commission (MCMC) sekali lagi membawa inovasi ke Asia. Kedua organisasi tersebut akan menjadi penyelenggara bersama Hari Pengembang Malaysia 2014 - Edisi ASEAN di Kuala Lumpur tanggal 17-19 Sep 2014 yang diharapkan akan menyajikan pidato oleh Duta Besar Amerika Serikat, Joseph Yu.

Sebagai bagian dari pameran teknologi digital perdana KL Converge!, Hari Pengembang Malaysia merupakan ajang kontes yang akan menantang para peserta dari 14 negara** di Asia untuk membuat aplikasi mobile dalam waktu 24 jam. Tim yang menghasilkan aplikasi terbaik akan memenangkan hadiah dengan nilai total lebih dari US$15.000 (~MYR47.400), termasuk 12 beasiswa untuk pelatihan perangkat lunak online guna memberdayakan inovator generasi berikutnya di kawasan ini.

Hari Pengembang Malaysia tahun lalu terbukti sukses, dengan lebih dari 110 peserta dan 24 gagasan aplikasi baru. Tahun ini, penyelenggara akan mengundang otak-otak kreatif dari sekitar 14 negara di Asia untuk mengembangkan aplikasi dan memperebutkan hadiah dalam tiga kategori, semuanya di bawah tema "Membangun Ekosistem Digital". Ketiga kategori ini meliputi:

-- Aplikasi terbaik untuk Keterlibatan Masyarakat
-- Aplikasi terbaik untuk Kota Cerdas
-- Aplikasi terbaik untuk Komersialisasi

MCMC dan AT&T akan menyediakan sumber daya, pendidikan, dan struktur jaringan untuk membuat aplikasi dengan lebih cepat dan dengan biaya lebih murah. Peserta akan mendapatkan akses ke layanan yang sudah berjalan dalam Antarmuka Pemrograman Aplikasi (Application Programming Interfaces (APIs)) AT&T yang memanfaatkan kekuatan jaringan AT&T. Pengembang dapat dengan cepat menyambungkannya ke aplikasi mereka untuk mendapatkan fungsionalitas tambahan, seperti speech-to-text (pembacaan teks otomatis). Mentor juga akan tersedia untuk membantu dan membagikan pengetahuan teknis mereka dengan para inovator yang berpartisipasi.

"AT&T adalah operator pertama di A.S. yang menciptakan Program Pengembang -- program yang hingga saat ini telah berjalan paling lama. AT&T bangga dapat sekali lagi terus bekerja sama dengan Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia dan mensponsori bersama Hari Pengembang Malaysia 2014," ucap Carlton Hill, wakil presiden, Operasi Perangkat dan Layanan Pengembang, AT&T. "Acara ini merupakan cara yang sangat baik untuk memberdayakan para pengembang dengan memberi mereka alat dan peluang yang tepat untuk membangun ekosistem digital yang lebih kaya dan lebih terhubung di seluruh kawasan ini."

"Tahun lalu, kami memamerkan energi dan talenta para pengembang Malaysia yang menstimulasi ekonomis dan dapat membuat perbedaan melalui penciptaan berbagai aplikasi mobile", ungkap Ketua Pejabat Perencanaan dan Pengembangan MCMC Dato'Mohd Ali Hanafiah. "Dengan memperluas acara ini ke negara lain di seluruh kawasan ini, kami berharap bisa melihat lebih banyak lagi inovasi dan kreativitas untuk memajukan kawasan kita."

Hari Pengembang Malaysia 2014 - Edisi ASEAN akan diselenggarakan di Kuala Lumpur Convention Centre dari pukul 9.00 pagi waktu Malaysia pada tanggal 17 September 2014 sampai pukul 5.00 sore tanggal 18 September 2014. Tim pemenang dalam ketiga kategori masing-masing akan menerima US$1.000. Kemudian mereka akan mempresentasikan aplikasi mereka pada Gala Dinner KL Converge! pada tanggal 19 September 2014 untuk mendapatkan kesempatan memenangkan grand prize tambahan senilai US$10.000. Beasiswa akan disediakan oleh AT&T dan Udacity untuk nanodegree yang tersedia dalam format Kursus Online Terbuka Masif.

Mereka yang berminat untuk berpartisipasi dapat mendaftar secara online di: http://soc.att.com/MYDD2014

Ikuti percakapan pada Twitter dengan #ATThack.

Gambar
AT&T MCMC 2014 Malaysia Developers' Day - ASEAN Edition
http://release.media-outreach.com/i/Download/2036

Logo Perusahaan
AT&T
http://release.media-outreach.com/i/Download/2030
MCMC
http://release.media-outreach.com/i/Download/2028

*Produk dan layanan AT&T disediakan atau ditawarkan oleh anak perusahaan dan afiliasi AT&T Inc. di bawah merek AT&T dan bukan oleh AT&T Inc.
**Peserta meliputi pengembang dari negara-negara ASEAN -- Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, dan juga mitra dialog ASEAN -- Cina Daratan, India, Jepang, dan Republik Korea.

Tentang AT&T
AT&T Inc. (NYSE: T) Merupakan perusahaan induk dalam bidang komunikasi premium dan merupakan salah satu perusahaan yang paling dihormati di dunia. Anak-anak perusahaan dan afiliasinya -- perusahaan operasi AT&T -- merupakan penyedia layanan AT&T di Amerika Serikat dan secara internasional. Dengan jajaran sumber daya jaringan yang sangat kuat, termasuk jaringan LTE 4G yang paling andal di Amerika Serikat, AT&T merupakan penyedia terdepan layanan nirkabel, Wi-Fi, Internet kecepatan tinggi, dan layanan berbasis suara serta cloud. Sebagai pemimpin dalam bidang Internet mobile, AT&T juga menawarkan cakupan nirkabel terbaik di seluruh dunia dibandingkan semua operator A.S. lain, menawarkan sebagian besar telepon nirkabel yang berjalan di sebagian besar negara. Perusahaan ini juga menawarkan layanan TV canggih dengan merek AT&T U-verse®. Paket layanan komunikasi bisnis berbasis IP perusahaan ini merupakan salah satu yang paling canggih di dunia. Klaim keandalan berdasarkan data pihak ketiga mengenai 4G LTE berbagai operator di seluruh Amerika Serikat.

Di seluruh dunia, AT&T memiliki fasilitas di lebih dari 50 negara dan melayani perusahaan multinasional di enam benua. Perusahaan ini menyediakan layanan komunikasi berbasis IP yang tersedia bagi pelanggan di lebih dari 180 negara, yang mewakili lebih dari 99 persen ekonomi dunia.

Informasi tambahan mengenai AT&T Inc. dan produk serta layanan yang disediakan oleh anak perusahaan dan afiliasi AT&T tersedia di http://www.att.com/aboutus atau ikuti berita kami di Twitter pada @ATT, di Facebook pada http://www.facebook.com/att dan YouTube di http://www.youtube.com/att.

(c) 2014 Hak Kekayaan Intelektual AT&T. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang. AT&T, logo AT&T, dan semua merek lain yang ada di sini adalah merek dagang Hak Kekayaan Intelektual AT&T dan/atau perusahaan afiliasi AT&T. Semua merek yang disebutkan di sini merupakan hak milik masing-masing pemiliknya.

Tentang MCMC
Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (Malaysian Communications and Multimedia Commission (MCMC)) merupakan lembaga regulasi yang didirikan di bawah Undang-undang Malaysian Communications and Multimedia Commission 1998 (MCMCA) yang menerapkan dan mempromosikan tujuan kebijakan nasional Pemerintah untuk sektor komunikasi dan multimedia. MCMC meregulasi dan mempromosikan pengembangan industri komunikasi dan multimedia yang meliputi telekomunikasi, penyiaran, dan kegiatan online, layanan pos serta sertifikasi digital. Undang-Undang Komunikasi dan Multimedia mempersyaratkan bahwa MCMC menjalankan peran implementasi kebijakan, sedangkan pengambilan keputusan kebijakan dimiliki oleh Menteri. Menteri juga dapat memberikan arahan kebijakan kepada Komisi. Untuk berita dan informasi selengkapnya, kunjungi www.mcmc.gov.my.

Kontak:
Greg Brutus
AT&T
Tel: +852 2506 5046
HP: +852 9387 5524
Email: greg.brutus@ap.att.com

Rahayu Abd Aziz
Malaysian Communications and Multimedia Commission (MCMC)
Tel: +603 8688 8427
Cell: +6019-3863815
Email: rahayu.aziz@cmc.gov.my

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014