Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pelatih nasional mengharapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada pemerintahan mendatang berasal dari kalangan olahraga, agar lebih mengerti permasalahan yang dihadapi atlet, pelatih, maupun pengurus tiap-tiap cabang.

"Kalau menteri dari kalangan olahraga, pasti lebih bisa merasakan perjuangan atlet-atlet kami," kata pelatih angkat berat, Dirdja Wiharja di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, menteri dari kalangan olah raga maksudnya adalah mereka yang telah lama berkecimpung di dalam dunia itu baik mantan atlet, pelatih maupun pengurus pusat dan daerah tiap cabang olahraga.

"Mereka itu kan yang paling mengerti dalamnya olahraga, dari tingkat pembinaan atlet muda hingga meningkatkan prestasi yang senior," katanya.

Dengan menteri tersebut, dia memperkirakan, kebutuhan tiap-tiap cabang olahraga seperti fasilitas dan peralatan akan terpenuhi tepat waktu dan tidak terlambat seperti selama ini.

"Pasti mereka mengerti segala kebutuhan kami terkait peralatan, fasilitas maupun dukungan moril," katanya.

Senada dengan Dirdja, pelatih anggar Lucky Ramdhani juga mengungkapkan harapan agar Menpora mendatang datang dari kalangan olahraga dan dapat memperbaiki sistem yang ada.

"Hingga seminggu sebelum Asian Games peralatan kami belum datang, bagaimana bisa benar-benar maksimal latihannya. Dengan Menpora dari kalangan kami mudah-mudahan hal itu tidak terulang," katanya.

Selama ini jabatan Menpora selalu diisi dari kalangan politik, oleh karena itu dia berharap Presiden terpilih Joko Widodo memikirkan opsi tersebut dalam menyusun kabinetnya mendatang.

"Mudah-mudahan presiden terpilih mau mendengar aspirasi kami," katanya.

(SDP-63/H015)

Pewarta: Akbar NG
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014