Baturaja, 10/9 (Antara) - Tim arkeolog dari tiga negara akan meninjau Gua Harimau di Desa Padangbindu Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, guna meneliti kerangka manusia yang diduga dari jaman purba.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Ogan Komering Ulu (OKU) Aufa Sarkomi di Baturaja, Rabu, mengatakan bahwa arkeolog dari tiga negara tersebut sudah memastikan datang ke Gua Harimau tempat ditemukan kerangka manusia prasejarah pada hari Kamis (11/9).

Sejumlah arkeolog yang dijadwalkan datang ke wilayah itu adalah Herofumi Matsumura dari Jepang, Dr. Mare Oxanam dari Australia, serta Dr. Nguyon Cuong dari Vietnam.

Peneliti asing tersebut, kata dia, akan berada di Kabupaten OKU selama sepekan guna meneliti sekaligus melatih peneliti-peneliti muda Indonesia yang sudah bergabung.

Selama waktu yang dijadwalkan, dia berharap tim arkeolog asing bergabung dengan peneliti Indonesia ini akan menghasilkan banyak manfaat, khususnya bagi peneliti Indonesia.

"Tiga arkeolog dari luar negeri ini akan datang ke Gua Harimau OKU, Kamis (11/9)," katanya.

Para arkeolog asing ini akan didampingi oleh Prof. Dr. Trauman Simanjuntak yang merupakan Ketua Tim Peneliti kerangka manusia prasejarah dengan posisi kerangka sang ibu memeluk anaknya.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014