Dalam waktu dekat kita akan melakukan perombakan struktur..."
Makassar (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Makassar, Sulawesi Selatan, akan merombak sebagian besar jajaran pengurusnya.

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan perombakan struktur kepengurusan secara besar-besaran dan itu mulai berlaku setelah penetapan Ketua DPRD Kota Makassar defenitif," ujar Wakil Ketua DPD II Golkar Makassar Irianto Ahmad, di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, 100 dari 196 pengurus struktural partai berlambang pohon beringin itu dirombak karena sudah terlalu lama vakum atau tidak terjadi perubahan komposisi setelah banyaknya pengurus yang berganti "seragam".

Dia menyebutkan, perombakan juga dilakukan setelah adanya beberapa pengurus struktural partai yang hijrah ke partai lainnya dan ada juga yang meninggal dunia.

"Yang pindah partai seperti Rachmatika Dewi yang sebelumnya masuk kepengurusan justru pindah ke partai Nasdem. Selanjutnya ada Abadi Sirajuddin meninggal dunia dan beberapa lagi," katanya.

Irianto menjelaskan, pergantian itu juga untuk merampingkan kepengurusan partai yang dinilai terlaluk gemuk, dengan 196 orang pengurus untuk tingkat Makassar.

Besarnya jumlah anggota dalam struktur juga tidak diimbangi dengan kerja-kerja yang maksimal.

Dirinya membantah pergantian pengurus atas kepentingan pribadi. Menurutnya, hal itu telah dibahas ketika rapat pleno calon Ketua DPRD Makassar pada bulan Agustus lalu. Bahkan tim evaluasi yang beranggotakan enam orang telah bekerja untuk menyeleksi pengurus yang akan diganti.

"Dalam waktu dekat kami akan gelar rapat lagi untuk mematangkan pengurus yang akan diganti dan pengurus ini kami minta waktunya untuk," ucapnya.

Senada Wakil Ketua Golkar Makassar lainnya Nurdin Tajry menambahkan, pergantian pengurus Golkar hingga saat ini masih dalam proses. Dari 196 pengurus Golkar Makassar, sekitar 70 persen sudah tidak aktif.

Disinggung, nama Farouk M. Betta sebagai Sekretaris Golkar Makassar yang akan diganti, Nurdin Tajry menjawab secara diplomatis.

"Belum masuk ke situ. Tapi kita lihat nanti,"katanya.

Setelah pergantian pengurus pada tingkat DPD Golkar Makassar, partai juga akan segera melakukan perombakan pengurus pada tingkat kecamatan.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014