New Delhi (ANTARA News) - Direktur Jenderal Lembaga Politik dan Studi Internasional Departemen Luar Negeri Iran Mostafa Zahrani mengatakan, Iran selalu berusaha untuk berkontribusi pada penyelesaian konflik regional dan internasional.

Berbicara di satu konferensi di Asia Barat yang diselenggarakan di New Delhi, Rabu, ia menambahkan bahwa sebagai kekuatan regional yang besar, Iran memiliki peran yang berpengaruh dan efektif dalam penyelesaian isu-isu regional.

Diplomat Iran menyebutkan akar penyebab ekstrimisme dan mendesak negara-negara regional untuk bergandeng-tangan dan menahan diri dari permainan saling menyalahkan sehingga ancaman tersebut dapat diberantas.

Ekstremisme dan terorisme, kata dia, adalah fenomena merugikan tidak hanya untuk Dunia Islam tetapi seluruh umat manusia.

IRNA melaporkan, dalam pidatonya di Institut Delhi berbasis Studi Pertahanan dan Analisis (IDSA), pejabat Iran juga mengacu pada peran yang dimainkan oleh India dalam penyelesaian isu-isu regional.

IDSA sedang mengorganisir Konferensi Tahunan Pertama Asia Barat pada 10-11 September bertema Tren Geopolitik di Asia Barat: Kecenderungan dan Implikasinya.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014