Makkah (ANTARA News) - Sepasang jamaah haji Indonesia yang akan melakukan ibadah di Masjidil Haram mengaku didekati seseorang yang mengaku wartawan namun kemudian meminta uang.

"Dia foto-foto jamaah haji tersebut," kata petugas Sektor Khusus Masjidil Haram Elya Susanti, di Masjidil Haram, Makkah, Kamis, yang menerima laporan langsung dari jamaah tersebut.

Elya mengatakan hal tersebut merupakan modus baru menipu jamaah haji. Setelah mengambil gambar jamaah, lanjutnya, oknum yang berbahasa Indonesia itu mengaku sebagai wartawan dan  mengatakan akan memuatnya di media tempatnya bekerja.

Kemudian dia mencoba membangun keakraban dengan mengajak ngobrol.

Setelah dibangun keakraban, "wartawan" itu meminta jamaah berhati-hati dan  bilang baru saja kehilangan uang.

Selanjutnya ia meminta bantuan kepada sepasang jamaah suami istri tersebut.

Untungnya, kata Elya yang sedang berjaga di pintu Marwah (di akhir proses Sai), pasangan suami istri tersebut tidak memberikan uang sepeserpun.

Setelah bertemu dengan petugas dari Indonesia, jamaah itu melaporkannya.

Sebelum, di Madinah seorang jamaah juga ditipu oleh seseorang yang mengaku sebagai petugas haji.

Selain itu Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram, Muhammad Hasan juga mengatakan, kemarin seorang jamaah Indonesia disiram cairan kotor saat berada di toilet.

Kemudian oknum tersebut mencoba membantu, namun jamaah Indonesia mencurigai tasnya menjadi sasaran tindak kriminal. Beruntung hal itu disadari jamaah dan tidak kehilangan apapun. 



Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014