Jakarta (ANTARA News) - Microsoft berencana untuk menghentikan penggunaan merek Nokia dan Windows Phone dalam material pemasaran mereka.

Dikutip dari The Verge, GeeksOnGadgets memperoleh dokumen internal dari Microsoft yang menjabarkan panduan perusahaan terkait merek mereka. The Verge kemudian mengkonfirmasi bahwa dokumen itu asli dan akurat.

"Dalam masa transisi ini, kami akan meninggalkan nama Nokia dari referensi produk selama promosi masa liburan," tertulis dalam salah satu slide.

Microsoft juga berencana tidak menggunakan logo Windows Phone dalam promosi dan iklan dan akan menggantikannya dengan Windows saja.

Walaupun kematian merek Nokia bisa dimengerti karena Microsoft hanya mengakuisisi divisi ponsel dari perusahaan asal Finlandia tersebut, tapi langkah untuk menghindar dari merek Windows Phone merupakan perubahan strategi perusahaan tersebut.

Hal itu tidak mengejutkan jika melihat langkah perusahaan tersebut baru-baru ini. Iklan Microsoft yang terbaru untuk Lumia 930 tidak menyebutkan nama Windows Phone sama sekali. Faktanya, Microsoft lebih memilih menyebut Windows Phone dengan Windows saja.

Ponsel HTC, One M8 untuk Windows juga tidak menyebut Windows Phone tapi hanya Windows saja. Seperti halnya iklan Cortana dari Microsoft tidak menyebut Windows Phone selain hanya tautan yang terlihat sekilas dalam iklan dengan durasi 30 detik tersebut.

Video promo untuk ponsel Lumia 530, Lumia 730 dan Lumia 830 terbaru juga tidak menyebut nama Windows Phone.

Semua bukti tersebut akhirnya membuat spekulasi bahwa Microsoft berencana hanya akan menggunakan Windows untuk merek mereka di masa depan.

Perubahan dari merek Windows Phone menjadi Windows tengah berlangsung. Dan sepertinya itu terkait dengan versi kombinasi Windows RT dan Windows Phone yang diperkirakan akan dirilis pada musim semi 2015.

Microsoft secara bertahap mengeksekusi visi satu Windows dengan aplikasi yang berlaku universal baik pada ponsel, PC, Xbox dan satu cara untuk mengkomunikasikan hal tersebut yakni dengan menghilangkan merek Windows Phone untuk tujuan pemasaran.

Tapi itu bukan berarti sistem operasi Windows Phone mati, hanya Microsoft tidak akan lagi menggunakan merek tersebut sebagai materi pemasaran untuk kedepannya.

The Verge berupaya menghubungi pihak Microsoft. Tapi juru bicara Microsoft hanya mengatakan bahwa tidak ada yang perlu diklarifikasi terkait upaya perubahan merek Nokia dan Windows Phone.

Penerjemah: Anita Permata Dewi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014