Berlin (ANTARA News) - Bayern Munich siap menangguk keuntungan dari kembalinya pemain sayap Franck Ribery, yang siap melakukan debutnya untuk musim ini saat melawan VfB Stuttgart pada Sabtu setelah sempat diganggu masalah cedera lutut.

Sang juara Jerman kurang eksplosif pada awal musim ini dibanding tahun lalu, di mana mereka hanya bermain imbang 1-1 di markas Schalke pada 30 Agustus pada pertandingan liga kedua mereka setelah memenangi pertandingan pembukaan di kandang Borussia Dortmund, lapor Reuters.

Bayern, yang pada musim lalu menyapu bersih semua kompetisi untuk memenangi liga dan piala domestik, juga direpotkan masalah cedera, di mana hampir setengah lusin pemain harus absen.

Kecemasan terkini terkait rekrutan baru Xabi Alonso, yang absen latihan pada pekan ini karena cedera kaki dan baru mulai kembali berlatih lari.

Pemain sayap asal Belanda Arjen Robben juga berlatih sendirian menyusul cedera pergelangan kaki yang dideritanya, sedangkan bek Rafinha juga masih belum dapat kembali bermain karena cedera ligamen. Bastian Schweinsteiger juga masih harus menepi.

Kembalinya pemain Prancis Ribery, yang pada awal bulan ini mengumumkan pensiun dari sepak bola internasional, semestinya dapat menyuntikan kecepatan pada permainan Bayern saat melawan Stuttgart, yang baru mendulang satu angka dari dua pertandingan pertama mereka.

"Saya merasa (berada dalam kondisi) bagus dan bugar untuk Sabtu," kata Ribery pada Rabu. "Sekarang saya perlu masuk ke irama permainan."

Itu semestinya bukan masalah, dengan pertandingan melawan Stuttgart diikuti pertandingan fase grup Liga Champions mereka melawan Manchester City pada pekan depan, dan total tujuh pertandingan di semua kompetisi dalam waktu 22 hari untuk mereka.

Dortmund, yang merupakan runner up Liga Jerman pada musim lalu, tidak lepas dari masalah cedera. Gelandang Jakub Blaszczykowski harus absen setidaknya selama empat pekan setelah pemain Polandia itu mengalami robek otot saat berlatih pada Rabu.

Ia bergabung dengan Marco Reus, yang cedera saat Jerman menang 2-1 atas Skotlandia pada Minggu, dalam daftar cedera pemain Dortmund.

Bagaimanapun, pelatih Juergen Klopp akan kembali dapat memainkan penyerang Ciro Immobile saat melawan Freiburg, meski sang pemain sempat mengalami cedera saat memperkuat timnas Italia.

"Cederanya tidak begitu buruk dan saya percaya diri ia akan berada di sana pada Sabtu," kata ketua eksekutif Dortmund Hans-Joachim Watzke kepada Reuters pada Kamis.

Pemuncak klasemen Liga Jerman Bayer Leverkusen, satu-satunya tim dengan rekor 100 persen dari dua pertandingan putaran pertama Liga Jerman, tidak akan diperkuat pemain remaja Julian Brandt dan kapten Simon Rolfes saat menghadapi Werder Bremen pada Jumat.

SC Paderborn 07, tim kejutan pada pekan-pekan awal musim ini menyusul promosi mereka dari Bundesliga 2, akan menjamu FC Koln.

Klub itu, yang dibentuk dari serangkaian merger dan perubahan nama, menjalani musim pertamanya di kompetisi strata tertinggi Jerman dan meraih kemenangan perdananya di level itu saat melawan Hamburg setelah bermain imbang melawan FSV Mainz pada pertandingan pembukaan liga.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014