Lisbon (ANTARA News) - Pelatih Portugal Paulo Bento dengan kesepakatan bersama meninggalkan posisinya sebagai pelatih tim nasional negara itu, demikian diumumkan Federasi Sepak Bola Portugal (FPF), Kamis.

Tim yang dipimpin pemain bintang kapten Cristiano Ronaldo itu kandas pada kompetisi penyisihan grup Piala Dunia pada Juni lalu.

Pertandingan terakhir tim itu di bawah asuhan Bento terjadi di kandang sendiri ketika mereka kalah 0-1 atas Albania pada pertandingan penyisihan pertama Euro 2016.

Mantan pemain tengah yang kini berusia 45 tahun itu, dikenal handal dengan ganjalan kerasnya selama karir dalam bermain, mulai melatih tim nasional pada September 2010 dan April lalu memperpanjang kontrak hingga 2016.

Ia membawa Portugal ke babak semi final Euro 2012, ketika mereka disingkirkan tim yang akhirnya menjadi juara, Spanyol, lewat tendangan penalti di semi final.

Tapi ia tidak dapat mengulang keberhasilan itu di Piala Dunia dan pada awal laga penyisihan Kejuaraan Eropa, sehingga kelanjutan perjalanan tim itu menjadi mengkhawatirkan.

FPF mengatakan, pengganti pelatih itu "akan diumumkan secepatnya" dan mereka berterima kasih kepada Bento "atas semua pekerjaannya selama ini di tim nasional."

Portugal akan turun lapangan lagi pada Oktober, melawan Prancis pada laga tandang pertandingan persahabatan, sebelum berangkat ke Denmark mengikuti babak penyisihan Euro 2016.

(Uu.A008) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014