Jakarta (ANTARA News) - Wakil Pimpinan Dewan Bidang Arsitektur dan Cagar Budaya Jakarta Old Town Revilitation Corp (JOTR) Han Awal menyatakan revitalisasi Kota Tua fokus perbaikan gedung-gedung yang mengalami rusak parah dan diharapkan selesai 2015.

"Beberapa bangunan yang sudah mau ambruk seperti gedung Dasaad Musin, Cipta Niaga, akan digarap pertama," kata Han Awal di Balai Konservasi, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, revitalisasi akan dilakukan secara bertahap dan terus menurus, dimana periode ini revitalisasi terealisasi.

"Sudah lama konservasinya terhambat yang disebabkan berbagai kendala seperti kepemilikan bangunan yang tidak jelas," kata Han Awal.

Ia mengatakan JOTR diminta oleh Gubernur DKI Jakrta Joko Widodo (Jokowi) untuk menggarap cagar budaya karena dia menilai jika ditangani oleh birokrasi akan berjalan lama.

Untuk membangun Kota Tua ini, ia berpendapat harus ada kerjasama baik dengan berbagai pihak, jika hanya mengharapkan pemerintah akan sangat lama karena tersendat oleh berbagai peraturan.

"Memang perlu badan-badan yang bisa kerjasama secara tepat agar tercapai suatu Kota Tua yang hidup dan dapat ditinggali," katanya.

Ia berharap revitalisasi Kota Tua ini berjalan baik karena Kota Tua merupakan cermin sejarah kebudayaan bangsa Indonesia sekaligus sebagai kebanggan kota Jakarta.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014