Kita harus mampu menghargai dan mengenang jasa para pahlawan."
Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Kepolisian Indonesia (Pepabri) berkeinginan kebijakan baik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diteruskan Joko Widodo (Jokowi).




"Kami ingin kepada pemerintahan yang akan datang lanjutkanlah segala sesuatu yang baik yang telah dicapai Presiden SBY saat ini. Di antara prestasi itu adalah kehidupan berdemokrasi yang baik yang telah kita jalani bersama," kata Ketua DPP Pepabri, Agum Gumelar, usai syukuran sederhana HUT ke-55 Pepabri di Jakarta, Jumat.




Yang juga tidak kalah penting, menurut dia, di antara petinggi negara dan para pendukungnya tidak saling menghujat dan menyalahkan dengan memakai berbagai media. 




DPP Pepabri, ditegaskan purnawirawan jenderal TNI Angkatan Darat tersebut, memiliki sikap mendukung kepemimpinan nasional yang dipilih rakyat secara langsung dan demokratis.




Walau Pepabri di seluruh lini organisasinya adalah perhimpunan purnawirawan militer dan kepolisian Indonesia, mantan Menteri Politik dan Keamanan itu menyatakan, menolak dikotomi militer dan sipil. 




"Kami harus tetap mendukung sepanjang semuanya berjalan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku," katanya.




Pada 20 Oktober 2014 posisi Yudhoyono selaku Presiden RI dijadwalkan akan beralih kepada Joko Widodo dalam Sidang Umum MPR.





Agum menjelaskan, Pepabri menyiapkan serangkaian acara untuk memperingati hari ulang tahunnya, termasukziarah ke taman makam pahlawan (TMP) Seroja di Dili, Timor Leste, pada Selasa mendatang (16/9). 




Lebih dari 3.200 militer Indonesia menjadi kusuma bangsa untuk melaksanakan tugas negara dalam Operasi Seroja saat Timor Timur masih menjadi provinsi RI pada 1976-1999. 




"Mereka itu pahlawan kita karena telah melaksanakan tugas negara sebaik-baiknya. Inilah yang penting. Kita harus mampu menghargai dan mengenang jasa para pahlawan, makanya kami ke sana kali ini," katanya. 




Ribuan jenasah bernama ataupun tanpa nama itu diketahui dimakamkan di 12 TMP Indonesia di Timor Leste.




DPP Pepabri dalam ulang tahun ke-55 mengadakan acara tumpengan secara sederhana di kantor pusatnya, kawasa Menteng, Jakarta Pusat. 




Puluhan perwira menengah dan tinggi purnawirawan TNI dan Polri berkumpul menyantap nasi tumpeng yang dipotong Agum Gumelar. Nasi tumpeng itu lalu disantap bersama-sama para purnawirawan itu. (*)


Pewarta: Ade P. Marboen
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014