Riwayat penyakit intinya adalah perjalanan penyakit. Itu sangat penting bagi dokter dalam memberi penjelasan kepada pasien mengenai penyakit yang dideritanya,"
Jakarta (ANTARA News) - Pakar riwayat kesehatan Itet Tridjajati Sumarijianto mengatakan riwayat kesehatan sangat penting bagi pasien dalam mendiagnosis suatu penyakit.

"Riwayat penyakit intinya adalah perjalanan penyakit. Itu sangat penting bagi dokter dalam memberi penjelasan kepada pasien mengenai penyakit yang dideritanya," ujar Itet di Jakarta, Jumat.

Menurut Itet, kalau tidak ada riwayat penyakit, dari mana dokter bisa memvonis penyakit pasien. Tidak mungkin penyakit itu datang tiba-tiba," jelas Itet yang juga anggota Komisi X DPR itu.

Dalam menentukan diagnosis penyakit pasien, kata dia, dokter mengacu pada buku pegangan penyakit internasional.

"Dengan adanya riwayat kesehatan ini, juga bisa dinilai kerja dari dokter. Apakah pasiennya banyak meninggal atau tidak? Kalau banyak, berarti ada yang salah dengan dokter itu," terang lulusan Australia itu.

Sayangnya di Tanah Air, kata dia, riwayat kesehatan pasien itu belum diperhatikan.

Itet melanjutkan banyak tenaga medis yang tidak paham dengan kegunaan riwayat kesehatan pasien.

"Riwayat kesehatan pasien bukan hanya berbica tentang penyakit pasien saja, tetapi banyak hal seperti perencanaan obat, kemampuan dokter, alat kesehatan, hingga teknologi," terang dia.

Di Ambon, kata dia, hampir 50 persen obat di rumah sakit kedaluwarsa. Hal itu dikarenakan minimnya perencanaan.

Ia mencontohkan, penambahan bantalan kepala di kursi mobil juga dilakukan karena banyaknya cedera kepala saat terjadi kecelakaan. Data itu diambil dari riwayat kesehatan pasien di rumah sakit.

"Jadi, riwayat kesehatan itu sangat penting," tukas dia.

Riwayat kesehataan pasien itu harus dijaga kerahasiaannya. Menurut Itet, jika tidak dijaga kerahasiaannya dikhawatirkan bisa disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.



(I025/I007)

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014