Moskow (ANTARA News) - Iringan 35 kendaraan pertama dalam konvoi bantuan Rusia kedua menuju ke Ukraina timur yang dikuasai pemberontak telah menyeberangi perbatasan, lapor kantor-kantor berita Rusia Jumat.

"Para petugas bea cukai dan penjaga perbatasan Rusia selesai memproses kelompok truk pertama .... Sekarang semua 35 truk telah meninggalkan titik perbatasan menuju Ukraina," kata Rayan Farukshin, juru bicara kantor pabean selatan, kepada kantor berita RIA Novosti, lapor AFP.

TV Rossiya 24 melaporkan dari wilayah Rostov Rusia selatan bahwa konvoi terbaru truk-truk itu membawa total 2.000 ton barang termasuk sereal, pasta, gula, obat-obatan, diesel, generator listrik dan selimut.

TV Rossiya 24 melaporkan bahwa seluruh konvoi lebih dari 300 truk akan mencapai perbatasan Sabtu pagi.

Rusia pertama mengirimkan konvoi bantuan lebih dari 200 truk pada Agustus tanpa kesepakatan akhir Ukraina dan para pengamat Palang Merah.

Minsk pekan lalu setuju menandatangani penyediaan bantuan kemanusiaan khusus ke Ukraina timur di mana ratusan ribu warga menderita kekurangan pasokan kebutuhan dasar serta kurangnya air selain ketiadaan tenaga listrik di tengah kehancuran yang luas akibat pemboman berat.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014