Meksiko City (ANTARA News) - Pemerintah Meksiko pada Jumat menjatuhkan denda 1,1 juta dolar AS terhadap sebuah proyek pusat perbelanjaan Tiongkok yang kontroversial dan besar, karena mengakibatkan kerusakan ekosistem dekat resor Cancun di Karibia.

Menurut laporan AFP, kantor kejaksaan perlindungan lingkungan sudah mengenakan denda 500 ribu dolar AS terhadap Dragon Mart pada bulan lalu, karena tidak memiliki otorisasi analisis mengenai dampak lingkungan.

Kali ini, lembaga itu mengeluarkan denda 208 ribu dolar AS dan memerintahkan proyek yang didanai Tiongkok itu untuk membayar hampir 900 ribu dolar AS untuk memperbaiki kerusakan.

Proyek senilai 180 juta dolar AS yang didanai oleh perusahaan Chinamex itu, telah dikritik oleh aktivis lingkungan karena 418 hektare (1.032 are) dari total 557 hektare lahan yang dibangun mal itu terletak di atas tanah yang diperuntukkan bagi cagar alam.

Proyek ini pada awalnya dihentikan setelah pihak berwenang menolak mengeluarkan izin mendirikan bangunan tetapi mendapatkannya setelah beberapa putaran mengajukan banding hukum.

Mal, yang akan menjadi kompleks ritel Tiongkok terbesar kedua di dunia di luar Tiongkok itu, dijadwalkan akan diresmikan pada November.

(Uu.A026) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014