Tour de Siak akan dimulai tanggal 16-21 September 2014
Pekanbaru (ANTARA News) - Sebanyak sepuluh negara dikabarkan turut serta dalam event balap sepeda "Tour de Siak" yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, tahun ini.

"Kemudian ada juga delapan tim balap sepeda dari dalam negeri. Jadi totalnya ada 18 tim balap sepeda yang akan ambil bagian," kata Sektrektaris Panitia Tour de Siak, Hendrisan yang dihubungi Sabtu siang.

Ia menjelaskan, untuk sepuluh tim balap sepeda luar negeri di antaranya adalah tim dari Taiwan, tim nasional Bahrain, Kazahstan, Thailand, dan tim asal Iran.

Kemudian ada juga tim nasional Malaysia, CCN Cycling Team Brunei, serta dari Persatuan Lumba Basikal Trenggaru Malaysia.

Untuk tim balap dalam negeri, adalah ISSI Kalimatan Barat, BSP Siak, Pengasus Continental Team, BRCC Banyuwangi, United Bike Kencana, KFC Jakarta, Miagra Racing Team dan Costum Cycling Club.

"Tour de Siak akan dimulai tanggal 16-21 September 2014. Namun sebelumnya digelar berbagai kegiatan yakni lomba fotografer dan pembukaan bazaar dan ekonomi kreatif," katanya.

Hendrisan menjelaskan, event Tour de Siak II kali ini menjadi yang berbeda karena panitia juga mengundang sejumlah pejabat tinggi negara.

Salah satunya kata dia, adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Pangestu untuk membuka secara resmi event balap sepeda bertaraf international ini.

Dia mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dan dipastikan Menteri Pariwsata akan dapat menghadiri dan membuka event Tour de Siak 2014.

"Bupati Bintan, Anshar Ahmad, yang telah sukses dalam menyelenggarakan event Tour de Bintan, juga akan hadir untuk menyaksikan perhelatan Tour de Siak 2014 di Kabupaten Siak," katanya.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014