Madrid (ANTARA News) - Sama-sama menyimpan ambisi menjadi "yang pertama", baik Real Maadrid maupun Atletico Madrid memenuhi panggilan semesta bola bahwa duel di bentang lapangan hijau mengerahkan seluruh asa dan menguras tenaga untuk akhirnya meraih predikat sebagai kampiun.

Real Madrid tergoda balas dendam atas kekalahan di perebutan posisi pertama Piala Super Spanyol 2014, sementara Atletico Madrid tergelitik oleh iming-iming torehan sejarah meraih kursi kehormatan di tahta "el derbi Madrileno".

Real Madrid di bawah asuhan pelatih Carlo Ancelotti akan meladeni Atletico Madrid di bawah arahan pelatih Diego Simeone dalam pekan ketiga La Liga musim kompetisi 2014/15 yang digelar di Santiago Bernabeu, pada Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari, pukul 01.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan RCTI.

Atletico Madrid seakan disesaki kata-kata ingin membuktikan bermain agresif tidak sama saja dengan bermain kasar tidak tahu aturan.

Sementara Real Madrid lebih memilih "diam itu emas" seraya menghimpun segala kekuatan untuk pada waktunya memberi pelajaran berupa permainan menawan dalam format serangan balik yang cepat dan terukur.

Di bawah bayang-bayang cedera, salah satu senjata pamungkas Real Madrid, Cristiano Ronaldo bersiap turun kembali ke lapangan setelah beberapa waktu absen karena dibekap cedera bahu.

Pemain depan asal Portugal itu tidak bermain dalam laga Real Madrid kali lalu. Pasukan asuhan Ancelotti menelan kekalahan 2-4 ketika melawan Real Sociedad.

Bagi Atletico, ini saatnya unjuk gigi untuk membuktikan bahwa juara La Liga bukan semata dikuasai Real Madrid. Pertanyaannya, apakah anak asuhan Simeone betul-betul siap menghadapi barisan depan Madrid yang dikenal piawai merangkai serangan demi serangan ke kubu pertahanan lawan.

Diego Costa dan Felipe Luis telah merapat ke Chelsea, dan Adrian telah hengkang ke Porto. Harapan diletakkan di bahu Antoine Griezmann Mario Mandzukic.

Atletico telah meraih satu kali kemenangan dan sekali bermain imbang dari dua laga sepanjang La Liga musim ini, sementara Real memetik sekali menang dan sekali kalah.

Real Madrid berlaga di kandang sendiri. Atletico perlu berhitung benar bahwa Santiago Bernabeu bukan stadion tanpa greget.Gemuruh dukungan penonton tuan rumah meneror anak asuh Simeone.

Anatomi kedua tim:
 
Real Madrid:
* Real Madrid benar-benar di atas angin karena pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo telah sembuh dari cedera dan siap bermain. Pertanyaannya, apakah ia telah sepenuhnya mampu tampil oke? Kalau saja ia diturunkan, maka lini pertahanan Atletico perlu ekstra waspada dengan pergerakan pemain ini.

* Kalau saja Ancelotti memilih formasi 4-3-3, maka ada pertanyaan, siapa yang ia pilih, Fabio Coentrao atau Marcelo? Asier Illarramendi, Isco atau James Rodriguez?

* Memang ada sinyalemen bahwa pelatih Madrid bakal menerapkan formasi 4-3-3. Alvaro Arbeloa akan mengisi posisi Dani Carvajal yang masih dalam pemulihan cedera.

* James akan mengisi posisi Ronaldo, bila memang pemain terbaik dunia ini memang sedang tidak fit. Toni Kroos berperan sebagai layaknua pemain jangkar yang selama ini diisi oleh Xabi Alonso.

Atletico Madrid:

* Diego Simeone akan absen. Pelatih berjuluk "Banteng ketaton" ini memberi kepercayaan kepada German Burgos. Simeone akan memberi arahan dari luar lapangan.

* Atletico akan memainkan formasi 4-4-2. Hanya saja, tanpa kehadiran Simeone, besar kemungkinan mempengaruhi daya juang tim secara keseluruhan. Peran pelatih asal Argentina ini sungguh luar biasa dalam kekompakan tim. Ini terbukti dalam laga Supercopa de Espana dengan dua laga sebelumnya dalam musim ini.

Data dan fakta kedua tim:

Real Madrid:

* Cristiano Ronaldo tidak memperkuat timnas Portugal dalam laga persahabatan. Alasannnya, ia ingin memfokuskan diri bagi pemulihan cedera.
* Sami Khedira dan Daniel Carvajal baru pulih dari cedera. Kedua pemain ini siap tampil melawan Atletico.
* Real Madrid meraup 28 kali kemenangan dari 31 laga kandang di ajang Lal Liga.
* Madrid mampu menjebol gawang Atletico rata-rata 2,5 gol dalam lima pertandingan kedua tim.
* Real Madrid tidak terkalahkan dalam 16 laga dari 17 pertandingan kandang melawan Atletico di seluruh kompetisi.  

Atletico Madrid:

* Arda Turan belum pulih benar dari cedera, hanya saja perannya demikian krusial bagi tim.
* Atletico tidak terkalahkan dalam 14 laga dari 15 pertandingan di ajang La Liga.

Prediksi susunan pemain:

* Real Madrid (4-3-3):
Casillas (penjaga gawang), Arbeloa, Pepe, Ramos, Marcelo, Modric, Kroos, Rodriguez, Bale, Benzema, Ronaldo
Pemain cadangan:
Navas, Varane, Isco, Illaramendi, Nacho, Coentrao, Hernandez

* Atletico Madrid (4-4-2):
Moya (penjaga gawang), Juanfran, Miranda, Godin, Siquera, Gabi, Raul Garcia, Tiago, Koke, Griezmann, Mandzukic
Pemain cadangan:
Oblak, jimenez, Ansaldo, Mario, Suarez, Gamez, Rodriguez, Cerci

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Real Madrid 2-1 Atletico Madrid (14,3 persen)
* Real Madrid 3-1 Atletico Madrid (14.15 persen)
* Real Madrid 2-0 Atletico Madrid (11,34 persen)
 
Head to Head:

Super Cup (ESPS)

22 Aug 2014 Atletico Madrid 1 - Real Madrid 0     
19 Aug 2014 Real Madrid 1 - Atletico Madrid 1     

UEFA Champions League (UCL)
24 May 2014 Real Madrid 4 - Atletico Madrid 1     

Primera Division (LIGA)
2 Mar 2014  Atletico Madrid 2 - Real Madrid 2     

Copa del Rey (ESPC)
11 Feb 2014  Atletico Madrid 0 - Real Madrid 2     

Lima laga terakhir:     

Real Madrid:
31 Aug 2014  Real Sociedad 4 - Real Madrid 2 LIGA
25 Aug 2014  Real Madrid CF 2 - Córdoba 0    LIGA
22 Aug 2014  Atletico Madrid 1 - Real Madrid CF 0    ESPS
19 Aug 2014  Real Madrid CF 1 - Atletico Madrid 1    ESPS
16 Aug 2014  Real Madrid CF 1 - Fiorentina 2    FR

Atletico Madrid:
30 Aug 2014  Atletico Madrid 2 - SD Eibar 1    LIGA
25 Aug 2014  Rayo Vallecano 0 - Atletico Madrid 0    LIGA
22 Aug 2014  Atletico Madrid 1 - Real Madrid CF 0    ESPS
19 Aug 2014  Real Madrid CF 1 - Atletico Madrid 1    ESPS
 6 Aug 2014  Galatasaray 0 - Atletico Madrid 0    FR
 
Prediksi laga:

* Real Madrid benar-benar ingin bangkit dalam musim ini, terlebih setelah menelan kekalahan 2-4 melawan Real Sociedad.

* Jelas bahwa tanpa kehadiran Xabi Alonso dan Sami Khedira, lini pertahanan Madrid masih diliputi tanda tanya. Ini tentu saja bakal menyedot perhatian pelatih Ancelotti.

* Ancelotti bakal menurunkan Gareth Bale sebagai gelandang dan mendorong James Rodriguez lebih ke depan untuk menunjang ketajaman Karim Benzema dan Ronaldo.

* Atletico tampil dengan semangat berkobar. Tanpa kiprah sepenuhnya Simeone, maka Atletico "sedikit pincang" untuk memberi kejutan bagi kubu Madrid.

Prediksi menurut editor Antaranews.com:
* Real Madrid: 2
* Atletico Madrid: 1

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014