Makkah (ANTARA News) - Seorang jamaah haji Indonesia embarkasi Batam kehilangan tas yang antara lain berisi berisi uang dan handphone setelah sebelumnya tertidur di Masjidil Haram, Makkah.

"Tas itu berisi uang 500 dolar dan 2.400 riyal serta dua buah handphone," kata Kepala Seksi Perlindungan Ibadah Haji, Jaetul Mucklis, di Makkah, Sabtu.

Muchlis mengatakan saat tidur, tas tersebut sedang tidak melekat dengan jamaah laki-laki tersebut. Tidak diketahui penyebab hilangnya uang tersebut. Muchlis mengatakan peristiwa terjadi pada Jumat setelah sholat Ashar.

Untuk itu Muchlis mengingatkan lagi agar jamaah jangan membawa uang banyak-banyak saat berpergian. Ia menyarankan agar jamaah menitipkan atau memasukan uang di safetybox (kotak pengaman) yang ada di hotel.

Sebelumnya, Muchlis juga meminta jamaah berhati-hati terhadap tidak kriminal yang mungkin terjadi di Masjidil Haram, bahkan pelakunya terkadang mengaku sebagai petugas haji. Modusnya antara lain berpura-pura akan menolong jamaah. Bahkan sebelumnya ada pula oknum yang mengaku wartawan namun kemudian meminta bantuan kepada jamaah.

Kepala Daker Makkah Endang Jumali juga meminta jamaah waspada. Ia meminta jamaah memperhatikan atribut yang dikenakan petugas, antara lain nama di atas kantong kanan, kartu identitas yang dikalungkan dan bendera di lengan kanan.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014