... Liverpool, meski memiliki penguasaan bola di atas 60 persen, namun gagal membangun serangan yang efektif... "
Liverpool (ANTARA News) - Liverpool tersandung di kandang mereka sendiri, Anfield, dan tumbang dari tim tamu Aston Villa dengan skor 1-0 dalam laga lanjutan Liga Utama Inggris 2014/2015, Minggu dini hari WIB.

Gol semata wayang Villa dicetak Gaby Agbonlahor pada menit 9 memanfaatkan bola sepak pojok Ashley Westwood yang sempat menyentuh kepada Philippe Senderos.

Sementara itu Liverpool, meski memiliki penguasaan bola di atas 60 persen, namun gagal membangun serangan yang efektif.

Satu-satunya peluang emas tim asuhan Brendan Rodgers untuk menyamakan kedudukan adalah melalui tendangan di tepi kotak penalti oleh Philippe Coutinho yang masih membentur tiang kiri gawang Brad Guzan pada menit 81.

Hasil tersebut menjadi kekalahan kedua Liverpool musim ini setelah sebelumnya dikalahkan juara bertahan Manchester City 3-1 pada pekan kedua dan kini tertahan di peringkat 8 klasemen sementara.

Sementara bagi Villa hasil tersebut membuat mereka kini berada di peringkat kedua dengan koleksi 10 poin setelah belum terkalahkan di empat laga pertama dan memenangi tiga di antaranya.

Rodgers melakukan keputusan mengejutkan di awal laga dengan memasang trio gelandang kreatif yang baru pertama kalinya dikombinasikan yakni Philippe Coutinho, Lazar Markovic dan Adam Lallana, mengisi lapis kedua serangan di belakang penyerang tunggal Mario Balotelli.

Sementara talenta muda berbakat Raheem Sterling dibangkucadangkan sedangkan Daniel Sturridge masih harus menepi lantaran cedera yang dialaminya saat menjalani tugas negara di Tim Nasional Inggris.

Villa terlihat lebih percaya diri di awal laga dan membangun serangan yang berbahaya termasuk kala Alan Huitton berhasil memanfaatkan terpelesetnya Alberto Moreno untuk melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti di menit 3, beruntung Dejan Lovren sigap menyapu bola.

Akan tetapi, kepercayaan diri yang dimiliki Villa berbuah hasil setelah beberapa kali mereka mendapatkan kesempatan sepak pojok.

Kali ini pada menit 9, Agbonlahor, yang kali ini bertindak sebagai kapten lantaran absennya Ron Vlaar, mencetak gol keunggulan sekaligus gol kemenangan Villa memanfaatkan situasi yang dihasilkan dari sepak pojok.

Sejak itu, Liverpool justru mulai lebih aktif menguasai bola, namun kombinasi baru empat pemain di lini depan mereka ternyata belum memiliki kepaduan sehingga tak mampu menciptakan serangan berbahaya maupun peluang nyata.

Memasuki pertengahan babak kedua, Rodgers berpikir untuk menambah kreativitas serangan dengan menarik Lallana dari laga debutnya bersama Liverpool untuk digantikan Sterling.

Namun, kehadiran Sterling tak banyak mengubah kebuntuan serangan Liverpool.

Rodgers kembali mencoba opsi serangan lain dengan menduetkan Fabio Borini dan Rickie Lambert di ujung mata pisau serangan Liverpool di 20 menit terakhir laga.

Keduanya masing-masing masuk menggantikan Markovic dan Balotelli.

Akan tetapi hal itu pun tak mengubah keadaan, meski Liverpool sempat memperoleh peluang emas dari kaki Coutinho yang sayangnya masih membentur tiang gawang Guzan.

Hingga wasit Lee Mason meniup peluit akhir pertandingan, Liverpool harus menelan kekalahan pahit di hadapan publiknya sendiri.

Berikut susunan pemain kedua tim dikutip dari situs resmi UEFA.

Liverpool (4-2-3-1): 22 - Simon Mignolet (PG); 19 - Javier Manquillo, 6 - Dejan Lovren, 17 - Mamadou Sakho, 18 - Alberto Moreno; 8 - Steven Gerrard (K), 14 - Jordan Henderson; 50 - Lazar Markovic (29 - Fabio Borini), 10 - Philippe Coutinho, 20 - Adam Lallana (31 - Raheem Sterling); 45 - Mario Balotelli (9 - Rickie Lambert)

Cadangan: 1 - Brad Jones (PG), 3 - Jose Enrique, 4 - Kolo Toure, , 21 - Lucas Leiva 

Pelatih: Brendan Rodgers

Aston Villa (4-3-3): 1 - Brad Guzan (PG); 21 - Alan Hutton, 14 - Philippe Senderos, 2 - Nathan Baker, 23 - Aly Cissokho; 8 - Tom Cleverley (24 - Carlos Sanchez), 15 - Ashley Westwood, 16 - Fabian Delph; 11 - Gabriel Agbonlahor (K/19 - Darren Bent), 10 - Andreas Weimann (28 - Charles N'Zogbia), 18 - Kieran Richardson

Cadangan: 31 - Shay Given (PG), 5 - Jores Okore, 7 - Leandro Bacuna, 40 - Jack Grealish

Pelatih: Paul Lambert

Pewarta: Gilang Galiarta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014