... gembira saya dapat bermain sebentar pada hari ini dan saya langsung mampu mencetak gol... "
Berlin (ANTARA News) - Pengatur permainan Bayern Munich, Franck Ribery, mencetak gol di pertandingan pertamanya musim ini, ketika sang juara bertahan berbagi posisi pemuncak klasemen Liga Jerman, Sabtu, sedangkan Shinji Kagawa juga mengemas gol saat Borussia Dortmund mengalahkan Freiburg.

Mario Goetze membawa sang juara bertahan unggul sebelum Ribery dimainkan sebagai pemain pengganti dan mengamankan kemenangan 2-0 atas VfB Stuttgart di Allianz Arena.

Bayern sekarang mengoleksi tujuh angka seperti koleksi nilai milik Bayer Leverkusen, yang ditahan imbang 3-3 oleh Werder Bremen pada Jumat malam dan unggul selisih gol setelah tiga pertandingan.

Tim Bavaria itu memecah kebuntuan pada menit ke-27 ketika Goetze melepaskan tembakan melewati kerumunan pemain, setelah tendangan bebas milik timnya dapat disapu.

Ribery, yang sebelumnya diganggu masalah cedera lutut, masuk pada pertengahan babak kedua. Gelandang Prancis ini mengamankan tiga angka ketika sepakannya gagal dihentikan Sven Ullreich saat waktu pertandingan tinggal menyisakan lima menit.

"Penting bagi saya untuk kembali berada dalam tim," kata Ribery. "Saya gembira saya dapat bermain sebentar pada hari ini dan saya langsung mampu mencetak gol."

Pelatih Bayern, Pep Guardiola, memberi pujian istimewa kepada rekrutan baru, Xabi Alonso, yang menyentuh bola sebanyak 150 kali dan menjelajahi lebih banyak area lapangan dibanding pemain-pemain lain di timnya.

Satu-satunya kekhawatiran bagi Bayern menjelang pertandingan Liga Champions melawan Manchester City di Munich pada Rabu adalah bek Holger Badstuber yang terpincang-pincang meninggalkan lapangan karena cedera paha.

"Kami akan mendapatkan (hasil) diagnosa besok," kata Guardiola. "Namun saya tidak berpikir itu begitu buruk."

Kagawa menorehkan start impian pada masa bakti keduanya di Borussia Dortmund, setelah mendaftarkan namanya di papan skor saat timnya menang 3-1 atas Freiburg di Signal Iduna Park.

Gelandang Jepang itu kembali ke Dortmund dari Old Trafford pada bulan lalu, dan operan cerdiknya untuk Kevin Grosskreutz membantu tuan rumah membuka keunggulan pada menit ke-34. Umpan silang mendatar Grosskreutz kemudian dituntaskan oleh Adrian Ramos.

Dortmund memperbesar keunggulannya empat menit sebelum turun minum ketika Ramos menyodorkan bola kepada Kagawa, dan sepakannya dengan menggunakan bagian sisi kaki berakhir dengan gol pada pertandingan Liga Jerman ke-50nya.

"Shinji memainkan permainan yang hebat," kata pelatih Dortmund Juergen Klopp. "Ia tersenyum sepanjang waktu - setidaknya sampai ia kram."

Pada babak kedua, Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol dari serangan balik tidak lama setelah dirinya dimainkan, sebelum Oliver Song mengemas satu gol hiburan untuk Freiburg.

Dortmund, yang akan menjamu Arsenal pada pertandingan pembukaan Liga Champions mereka yang berlangsung pada Selasa, menduduki peringkat ketiga di klasemen Liga Jerman - tertinggal satu angka dari Bayer Leverkusen dan Bayern.

Pada pertandingan Sabtu malam, Andre Hahn mencetak gol-gol pertamanya untuk Borussia Moenchengladbach ketika mereka menghancurkan Schalke dengan skor 4-1.

Hahn membuka pesta gol tuan rumah pada menit ke-17, ketika ia mendapat bola dari kanan kiriman Max Kruse. Mantan penyerang Augsburg ini kemudian mengakhirinya dengan menuntaskan serangan balik timnya dengan menuntaskan peluang dengan sempurna.

Lima menit babak kedua berlangsung, Gladbach yang belum terkalahkan menggandakan keunggulan mereka ketika Hahn yang tidak terkawal menanduk bola tendnagan bebas dari Kruse.

Eric Maxim Choupo-Moting membalas dari titik penalti dua menit kemudian, namun Kruse menghiasi kembalinya ia dari cedera ketika ia menaklukkan kiper Schalke Ralf Faehrmann tidak lama kemudian.

Raffael yang tampil impresif kemudian melengkapi kemenangan timnya saat pertandingan tinggal menyisakan 12 menit, ketika Schalke menelan kekalahan kedua dari tiga pertandingan.

Di tempat lain, penyerang Jepang Shinji Okazaki mencetak dua gol dan Sami Allagui juga menuliskan namanya di papan skor saat melawan tim yang baru ia tinggalkan, ketika Mainz yang belum terkalahkan menang 3-1 atas tuan rumah Hertha Berlin.

Okazaki membawa tim tamu unggul pada menit ke-36, sebelum Allagui memperbesar keunggulan timnya saat pertandingan tinggal menyisakan 12 menit. Ini merupakan pertandingan pertama bagi penyerang Rusia itu untuk Mainz sejak kembali bergabung dengan mereka sebagai pemain pinjaman dari Hertha.

Penalti Ronny memberi sedikit harapan kepada Hertha, namun gol ketiga Okazaki di liga musim ini memastikan Mainz mendapatkan kemenangan pertamany di liga musim ini.

Ivica Olic mencetak gol penyama kedudukan ketika VfL Wolfsburg bermain imbang 1-1 di markas Hoffenheim, sedangkan dua tim promosi Paderborn dan Cologne memperpanjang rekor tidak terkalahkannya saat pertandingan antara keduanya berakhir imbang tanpa gol.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014