Manado (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado membagi-bagikan masker bagi warga Manado untuk karena abu yang disemburkan oleh Gunung Lokon.

"Masker dibagi-bagikan secara gratis kepada warga Manado untuk mengurangi dampak buruk semburan abu Lokon," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado, Maximilian Tatahede di Manado, Minggu.

Max mengatakan, pembagian tersebut dilakukan terutama di wilayah yang paling banyak terkena semburan abu, seperti di Malalayang.

Lebih dari 1000 masker dibagikan kepada kepada pejalan kaki dan pengendara kendaraan bermotor.

Kegiatan membagikan masker dipimpin Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Vicky Lumentut dan Harley Mangindaan, bersama-sama dengan jajaran BPBD Manado di jalan-jalan utama Manado.

"Kami juga mengimbau warga yang keluar rumah supaya menggunakan masker, lebih baik mencegah dampaknya dari pada mengobati sakitnya," katanya.

Gunung api Lokon sekarang naik status jadi siaga, karena sejak Sabtu pagi meletus dan menyemburkan abu vulkanik sampai ke Manado, dan di sekitar radius 2,5 kilometer tidak boleh ada aktivitas warga meskipun belum ada yang mengungsi.

Pewarta: Joice Bukarakombang
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014