Kiev (ANTARA News) - Pertukaran tahanan perang antara milisi dan pasukan Donbas Kiev berlangsung Minggu, kata perwakilan pelayanan pers Dewan Pertahanan dan Keamanan Ukraina, Vladimir Polevoy.

"Upaya yang terus-menerus dilakukan untuk tukar tahanan, pertukaran dilanjutkan hari ini," kata Polevoy saat briefing pada Minggu.

Sebelumnya, Minggu pagi, Daria Morozova, kepala Republik Rakyat Donetsk (DPR) mengenai Komite Pertukaran Tahanan Perang, juga menegaskan bahwa pertukaran tahanan dengan pasukan pemerintah Kiev akan diselenggarakan pada Minggu dalam format "65 untuk 65" dan bahwa daftar tahanan untuk yang dipertukarkan telah ditetapkan.

Daria Morozova mengatakan sebelumnya bahwa pasukan pertahanan diri DPR pada Jumat menyerahkan 36 personil Ukraina telah ditahan di wilayah republik selama operasi militer Kiev di Ukraina timur.

Pada gilirannya, pemerintah Ukraina membebaskan 31 tahanan.

Pertukaran tahanan ini mengikuti perjanjian gencatan senjata terobosan di ibu kota Belarus Minsk pada 5 September ketika para pihak sepakat untuk menukar semua tahanan, dan membuka koridor kemanusiaan.

Para perunding membangun rencana perdamaian Presiden Ukraina Petro Poroshenko untuk menyelesaikan konflik di Ukraina timur, serta usulan Presiden Rusia Vladimir Putin mengenai hal tersebut.
(AK)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014