Untuk daerah yang saat ini mengalami musim kemarau akan berakhir paling banyak di bulan November karena di bulan itu akan turun hujan
Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan musim kemarau di beberapa daerah di Indonesia diperkirakan akan berakhir di awal Oktober.

"Perkiraan kami hujan akan dimulai pada awal Oktober namun setiap daerah berbeda-beda awal musim penghujannya," kata Kepala Bidang Informasi Iklim BMKG, Evi Lutfiati di Jakarta, Senin.

Daerah yang musim penghujannya jatuh di awal Oktober, diantaranya Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali.

Untuk daerah lain, musim penghujan diperkirakan jatuh di awal bulan November, mencakup sebagian wilayah Jawa Tengah, Aceh serta daerah lainnya.

"Untuk daerah yang saat ini mengalami musim kemarau akan berakhir paling banyak di bulan November karena di bulan itu akan turun hujan," ucapnya.

Dikatakannya, awal musim penghujan di beberapa daerah yang saat ini sedang mengalami musim kemarau diperkirakan berakhir antara bulan Oktober dan November.

Periode musim kemarau saat ini tidak panjang hanya berkisar empat hingga enam bulan dan kekeringan di sejumlah daerah pun masih bersifat normal.

"Kemarau kali ini tidak begitu parah karena masih ada diselingi dengan hujan walapun curah hujan yang terjadi sedikit," tuturnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014