... hamil itu indah dan persalinan itu mengalami sakit yang nikmat... "
Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - "Metode hypnobirthing atau melahirkan dengan sugesti menahan sakit dapat menekan angka kematian ibu saat melahirkan," kata pakar keseharan, dr Khairul Nasir SpOG.

Dia jadi pembicara diskusi kesehatan kehamilan ibu, di Pekanbaru, Riau, Minggu (14/9).

Menurut dia, untuk menghadapi kehamilan dalam suka-cita ada beberapa hal yang harus diperhatikan ibu hamil, salah satunya mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.

Kemudian lanjut kata dia, olahraga ringan, agar aliran darah stabil, ini akan menyehatkan ibu dan anak yang tentu berkualitas.

Selanjutnya, kata dia, membentuk pola pikir positif dan percaya diri, jangan biarkan pikiran negatif menghantui dan yakinlah kehamilan itu suatu yang indah dan nyaman.

"Hilangkan mitos-mitos menyesatkan. Isilah kehamilan dengan aktivitas menyenangkan dan tentu dukungan keluarga dan berdoa agar kehamilan tetap sehat," katanya.

Kemudian saat melahirkan, menurut dia kiat agar terhindar dari bahaya atau kematian calon ibu dapat menerapkan hypnobirthing atau sugesti untuk alam bawah sadar.

"Percaya diri bahwa persalinan akan dapat berjalan baik, dan sakit menjadi suatu yang menyenangkan. Hal itu memperlancar proses persalinan. Sugestikan bahwa hamil itu indah dan persalinan itu mengalami sakit yang nikmat," katanya.

Terapi hypnobirthing menurut dia juga terbukti mampu menekan angka kematian ibu saat melahirkan.

"Jika sakit dapat dinikmati, maka proses persalinan akan berjalan baik dan lancar. Jika demikian, tentu keselamatan akan menjadi jaminan," katanya.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014