Jadi nanti di sana saya sekalian melakukan penandatanganan persetujuan Kota Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 mendatang
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana menghadiri acara Pembukaan Asian Games XVII di kota Incheon, Korea Selatan (Korsel) pada Sabtu (20/9).

"Rencananya, hari Kamis (18/9) malam pukul 23.00 WIB pesawatnya berangkat dari Jakarta. Tujuan utamanya yaitu menghadiri acara Pembukaan Asian Games di sana," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, selain menghadiri Pembukaan Asian Games, kunjungannya di negara tersebut juga bertujuan untuk melakukan penandatanganan sebagai tuan rumah Asian Games XVIII pada 2018.

"Jadi nanti di sana saya sekalian melakukan penandatanganan persetujuan Kota Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 mendatang," ujar Ahok.

Akan tetapi, karena acara utamanya baru dilaksanakan pada Sabtu, sedangkan mantan Bupati Belitung Timur itu dijadwalkan berangkat pada Kamis malam, dia pun berencana untuk melakukan pengamatan di kota tersebut.

"Saya mau belajar bagaimana caranya pemerintah di sini menyelesaikan berbagai macam masalah perkotaan. Saya juga sudah buat janji dengan Duta Besar RI untuk Korea Selatan. Nanti, beliau akan ajak saya melihat-lihat," tutur Ahok.

Rencananya, selama di Korea Selatan dia mengaku akan melakukan tinjauan ke berbagai tempat, di antaranya yakni Kota Gangnam untuk melihat perkembangan industri kreatif.

"Selain itu, saya juga mau lihat tanggul laut raksasa (giant sea wall) yang ada di sana, kemudian juga mempelajari bagaimana pemerintah melakukan pengelolaan terhadap para pedagang kaki lima (PKL)," ungkap Ahok.

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014